Yulie Securindo (YULE) : Sehatkah? | BIA #19

PT Yulie Securindo Tbk (YULE) adalah sebuah perusahaan Broker saham di Bursa Efek Indonesia, Bagaimana analisis Saham Fundamental PT Yulie Securindo Tbk (YULE)?

PT Yulie Securindo Tbk (YULE) didirikan dengan nama PT Ravindo Securitama di Jakarta pada tahun 1989 untuk kemudian diubah namanya menjadi PT Yulie Sekurindo pada tahun 2006. Kegiatan usaha yang Perseroan jalankan adalah dalam bidang perantara pedagang efek, penjamin emisi efek dan kegiatan lain yang berkaitan dengan Bursa dengan memperhatikan ketentuan Badan Pengawas Pasar Modal..

PT Yulie Securindo Tbk (YULE) merupakan perusahaan Broker Saham kecil di BEI. Saking kecilnya, pendapatan tahunan Yulie Securindo (YULE) di tahun 2012 hanya sebesar Rp.1,85 Milyar..

Pendapatan usaha pada tahun 2012 adalah sebesar Rp 1.854 juta, atau mengalami penurunan pendapatan sebesar Rp 474 juta atau 20,36 % dibanding tahun 2011 yang tercatat sebesar Rp 2.328 juta. Dalam tiga tahun terakhir, Nilai Transaksi, Volume Transaksi , Frekuensi Transaksi , jumlah komisi transaksi juga selalu menurun..

Parahnya, Yulie Securindo (YULE) juga mengalami Rugi usaha setiap tahun selama tiga tahun terakhir..

Kinerja bisnis yang buruk itu, agaknya terjadi sejak tahun 2007, sehingga PT Yulie Securindo Tbk (YULE) tidak pernah membagikan deviden sejak tahun 2008 dan ada Defisit di akun laba sebesar Rp.1,3 Milyar..

Walaupun Pendapatan lain-lain selalu meningkat dalam tiga tahun terakhir, namun hal ini timbul sebagian besar karena adanya selisih kurs, yang dipastikan tidak akan selalu terjadi. Malah, dikemudian hari Yulie Securindo (YULE) bisa menghadapi kerugian lain-lain akibat Selisih Kurs ini..

Selain pendapatan yang kecil, Asset Yulie Securindo (YULE) di akhir tahun tahun 2012 juga kecil, yakni hanya sebesar Rp.54 Milyar..

Untungnya, walau mempunyai asset yang relatif kecil, Yulie Securindo (YULE) mempunyai Rasio likuiditas dan Solvabilitas yang tergolong baik..

Rasio likuiditas Yulie Securindo (YULE) pada akhir 2012 dan 2011 masing-masing adalah sebesar 1.525,90 % dan 2.028,42 %, Sedangkan untuk Solvabilitas Aset pada akhir 2012 dan 2011 masing-masing adalah sebesar 6,51 % dan 4,90 % dengan Solvabilitas Ekuitas pada akhir 2012 dan 2011 masing-masing sebesar 6,97 % dan 5,15 %..

Walaupun secara bisnis YULE mengalami tahun yang buruk, Arus Kas Bersih dari Aktifitas Operasi Yulie Securindo (YULE) pada tahun 2012 positif di angka Rp.1,3 Milyar..

Selain itu, Pada tanggal 28 Desember 2012, Perseroan masih memiliki saldo MKBD di atas ketentuan yang ditetapkan yaitu sebesar Rp 30.965 juta..

Dari sisi manajemen, Kami menilai laporan Komisaris dan Direksi Yulie Securindo (YULE) tidaklah menjelaskan keadaan bisnis Yulie Securindo (YULE) secara gamblang, namun malah terkesan menutupi keadaan buruk yang sedang terjadi..

Hal ini diperparah dengan sebuah ‘akun unik’ dari akun asset lancar Yulie Securindo (YULE). Di akun asset lancar bisa kita dapatkan piutang kepada pihak berelasi sebesar Rp.12 Milyar, atau 23% dari posisi total asset Yulie Securindo (YULE). Menurut analisis kami, pemberian pinjaman kepada pihak berelasi yang merupakan komisaris utama Yulie Securindo (YULE) dan anaknya, merupakan tindakan yang sangat beresiko untuk terjadinya fraud. Hal ini tentu saja tidak mementingkan kepentingan pemegang saham minoritas..

 

Analisis Bisnis Yulie Securindo (YULE) 2012 : E

Analisis Keuangan Yulie Securindo (YULE) 2012 : B

Analisis manajemen Yulie Securindo (YULE) 2012 : E

 

@analisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply