Yanaprima Hastapersada (YPAS) : Menari ditengah Kegalauan | BIA #20

PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) adalah Emiten produsen Karung plastik dan karung semen. Bagaimana Analisis Saham Fundamental YPAS?

PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) didirikan pada tahun 1995 dan mengawali bisnisnya dengan membuat aneka tenun plastik. Dengan berjalannya waktu, PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) mulai memproduksi Karung plastik, Karung Laminasi (bahan baku karung semen), Karung semen 1 ply (karung semen baru). Pada bulan Maret 2008, PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia..

Selama tahun 2012, PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) mencatatkan Peningkatan penjualan sebesar 10,9 % , yakni menjadi Rp.413 Milyar. Kenaikan penjualan di tahun 2012 itu, melanjutkan trend kenaikan Penjualan PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) dalam tiga tahun terakhir..

Sayangnya, berbeda dengan angka penjualan yang terus meningkat, laba bersih Yanaprima Hastapersada (YPAS) terus menurun dari tahun 2010. Pada tahun 2012, laba bersih sedikit menurun menjadi hanya berjumlah Rp.16,4 Milyar atau menurun Rp.0,2 Milyar dari posisi laba bersih tahun 2011 yang berjumlah Rp.16,6 Milyar. Penurunan Laba bersih ini merupakan kelanjutan dari penurunan laba bersih di tahun 2011 yang menurun sebesar 21,5 % dari laba bersih tahun 2010..

Penyebab turunnya laba bersih ini adalah akibat dari tingginya kenaikan Beban Pokok Penjualan terutama karena naiknya harga bahan baku PP, kenaikan upah dan biaya Listrik. Beban Keuangan akibat pembayaran bunga pinjaman juga layak menjadi perhatian, mengingat di tahun 2013, bunga pinjaman Bank mengalami kenaikan. Di tahun-tahun kedepan, kami khawatirkan hal ini akan terus kembali berulang dan berpotensi membawa kegalauan..

Selain itu, Hal penting lain yang Perlu dicermati adalah bahwa Rasio Laba Kotor , Rasio Laba Usaha, Rasio Laba bersih, ROA dan ROE Yanaprima Hastapersada (YPAS) terus menurun dalam tiga tahun terakhir..

Dari sisi keuangan, Yanaprima Hastapersada (YPAS) Pada akhir tahun 2012 mencatatkan jumlah kas hanya sebesar Rp.5,7 Milyar, yang tentu tergolong kecil bagi perusahaan yang mempunyai kewajiban (hutang) lancar sejumlah Rp.126,4 Milyar. Namun, Uang Kas yang sekecil itu ternyata sudah merupakan peningkatan dibandingkan posisi kas di akhir 2011 yang hanya berjumlah Rp.1,6 Milyar..

Dari sisi Piutang usaha dan persediaan, menurut analisis kami kedua akun tersebut tergolong aset yang benar-benar lancar dan mempunyai tingkat likuiditas yang baik..

Pada tahun 2012, Rasio lancar Yanaprima Hastapersada (YPAS) sebesar 1,34, sehingga Likuiditas PT Yanaprima Hastapersada Tbk (YPAS) masih tergolong aman..

Sayangnya, selain laba bersih yang terus menurun, Arus Kas Bersih dari Aktifitas Operasi Yanaprima Hastapersada (YPAS) juga selalu turun dalam tiga tahun terakhir..

Selain itu, Selama tahun 2012, Yanaprima Hastapersada (YPAS) juga menambah hutang Bank sebanyak Rp.142 Milyar. Karena penambahan Hutang bank ini, Debt Equity Ratio (DER) tahun 2012 berjumlah 112 % jauh meningkat dibandingkan Rasio DER tahun-tahun sebelumnya yang berada di kisaran 50%. Dari DER yang berjumlah 112% ini, kami menilai solvabilitas Yanaprima Hastapersada (YPAS) masih tergolong aman..

Walaupun saat ini masih aman, tentu kita berharap Yanaprima Hastapersada (YPAS) akan membuat kondisi keuangannya kembali membaik di tahun-tahun mendatang..

Setelah menganalisis Laporan tahunan tahun 2012, Kami menilai manajemen Yanaprima Hastapersada (YPAS) menyajikan laporan tahunan dengan baik tanpa berbelit-belit dan tampak tidak berusaha menyembunyikan sesuatupun..

Laporan tahunan Yanaprima Hastapersada (YPAS) juga menunjukkan berbagai masalah dan Keadaan sulit yang sedang mendera Perseroan..

Ditengah kebutuhan Modal yang tinggi, Manajemen juga tidak seenaknya mencetak saham baru yang bisa merugikan pemilik Saham lama. Malah, Ketiga pemilik Utama Yanaprima Hastapersada (YPAS) layak mendapat kredit khusus mengingat mereka ikut menjaminkan hartanya sebagai jaminan hutang bank perusahaan. Hal ini menunjukkan Integritas yang besar dari manajemen sekaligus pemegang saham mayoritas, suatu hal yang sangat berharga di pasar modal..

Selain itu, kemampuan Yanaprima Hastapersada (YPAS) untuk terus mencatatkan laba bersih ditengah kenaikan harga bahan baku dan iklim usaha yang tidak baik, menurut kami layak mendapatkan penghargaan..

 

Analisis Bisnis Yanaprima Hastapersada (YPAS) 2012 : C

Analisis Keuangan Yanaprima Hastapersada (YPAS) 2012 : C

Analisis manajemen Yanaprima Hastapersada (YPAS) 2012 : B

 

@AnalisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply