Mengenal Solvabilitas & Rasio Solvabilitas | BIA #11

Dalam analisis Fundamental Saham, Solvabilitas dan Rasio Solvabilitas suatu Perusahaan adalah salah satu hal terpenting yang harus Kita Ketahui..

Menurut arti katanya, Solvabilitas merupakan kemampuan suatu Perusahaan untuk memenuhi seluruh Hutang atau Kewajiban (Liabilitas) yang dimilikinya, baik Kewajiban Jangka Panjang maupun jangka Pendek.

Untuk mengetahui bagimana Solvabilitas suatu perusahaan, Kita perlu mengukur Rasio Solvabilitas suatu Perusahaan, dengan rumus sebagai berikut :

Laba Bersih Setelah pajak + Beban Non Tunai (depresiasi dll)
Rasio Solvabilitas  :  _________________________________________________
Total Kewajiban (Total Liabilitas)

Patokan Rasio Solvabilitas yang tergolong sehat umumnya adalah bila rasionya lebih dari 0,2..

Namun, Rasio Sovabilitas yang tergolong sehat, tentu berbeda-beda menurut industrinya. Sebagai contoh, di Industri Penyewaan Mobil adalah hal wajar untuk memiliki Rasio Solvabilitas dibawah 0,2 karena sifat hutang atau kewajibannya yang diperuntukkan untuk membeli barang modal berupa mobil. Mobil mempunyai sifat yang Likuid atau mudah dijadikan uang tunai, sehingga hutang yang besar untuk pembelian mobil tidak akan sama bahayanya bila dibandingkan hutang yang besar untuk pembelian mesin industri yang tentu lebih sulit untuk dijual kembali dengan harga yag baik..

Jadi, Rasio Solvabilitas ini harus Kita sesuaikan lagi menurut industri dan sifat Hutangnya, karena setiap industri akan berbeda tingkat besaran Hutang yang aman..

 

@AnalisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply