Philip Fisher : Krisis? Belilah Saham! | BIA #44

Dalam Buku legendarisnya, Common Stocks and Uncommon Profits, Philip Fisher memberikan saran bahwa Anda harus membeli saham disaat Krisis ekonomi datang..

Apa alasannya?

Fisher menerangkan bahwa sebelum tahun 1930, Pemerintah Negara-negara di dunia tidak melakukan banyak campur tangan saat krisis ekonomi melanda negaranya..

Kenapa?

Karena sebelum tahun 1930, pendapatan Negara sebagian besar bukan berasal dari Pajak penghasilan, karena itu ketika terjadi krisis ekonomi, pendapatan pemerintah pada umumnya tidak menurun secara signifikan..

Karena tidak merasa terancam pendapatannya akan menurun, Pemerintah sebagian besar Negara saat itu cenderung hanya sedikit mencampuri masalah Krisis ekonomi yang dihadapi sebagian besar warganya..

Hal ini sungguh berbeda dengan yang terjadi saat ini..

Saat ini, sebagian besar Negara di dunia lebih dari 80% pendapatannya disumbang oleh Pajak penghasilan, baik perorangan maupun perusahaan..

Hal ini berakibat, disaat terjadi krisis ekonomi yang menghantam sebagian besar warga Negara, pendapatan pemerintah yang bersumber dari pajak penghasilan akan jauh berkurang. Hal ini tentu tidak disukai pemerintah Negara dimanapun berada..

Akibatnya, pemerintah terpaksa memberikan ‘vitamin’ ke dalam ekonomi negaranya lewat berbagai kebijakan seperti bailout, penurunan suku bunga, intensif fiscal dll yang kesemuanya berakibat pada satu hal yang pasti : INFLASI TINGGI

Akibatnya, daya beli uang (kertas) anda akan jauh menurun bahkan hingga tinggal ½ sampai 1/3 dari daya beli di awal..

Tentu keadaan ini merugikan bagi investor seperti anda..

Namun, ada celah yang bisa anda manfaatkan disaat Krisis terjadi, yakni membeli saham emiten yang berfundamental mantap..

Saat Krisis terjdi, harga saham umumnya juga hancur gila-gilaan, di saat itulah kita bisa membeli saham dengan fundamental dan prospek yang bagus di harga yang murah..

Menariknya, harga saham emiten dengan fundamental yang bagus biasanya naik berkali-kali lipat lebih tinggi ketika kondisi ekonomi membaik, bila anda bandingkan dengan wealth preserving asset (asset tahan inflasi)) seperti emas dan komoditas lainnya..

Menarik Bukan? 😀

Masih takut dengan dengan Krisis? 🙂

 

@dr_BramIrfanda

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Beberapa waktu kedepan, kami akan menganalisis emiten Konstruksi di BEI selain ADHI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply