Persamaan Saham Dan Hijrah

Hanya dalam kurun waktu 1 tahun di sepanjang tahun 2020, ada penambahan jumlah investor saham di Bursa Efek Indonesia sebesar 53,47% lebih tinggi dari jumlah investor di akhir tahun 2019 atau naik sebanyak 590.658 SID.

Namun, berdasarkan pengalaman dimasa silam khususnya sejarah pasar saham yang sudah sangat tua seperti di Amerika. Nantinya mayoritas investor baru ini akan banyak yang berguguran alias kapok menaruh uangnya di pasar saham.

Pertanyaannya, mengapa prediksi muram ini bisa menjadi kenyataan ?

Jawaban dari pertanyaan ini sama persis seperti jawaban atas pertanyaan : Kenapa orang yang beberapa bulan lalu atau tahun lalu mengaku sudah hijrah sekarang menghilang dan kembali lagi ke duniannya yang dulu.

Jawaban dari kedua pertanyaan diatas adalah bila orang itu tidak mau menuntut ilmu maka Ia tidak akan bisa bertahan lama baik di saham maupun saat hijrah.

“Dan bagaimana Engkau Akan dapat bersabar atas sesuatu, sedang engkau belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu”
Q.S Al- kahfi : 68


Pasar Bullish sejak akhir maret 2020 pasti tidak mungkin berlangsung selamanya. Ketika pasar bearish datang, yang akan membuat pasar dan harga saham turun terus hampir setiap hari mereka yang tidak belajar tentang saham dengan cukup akan lari ketakutan keluar dari pasar saham, jual rugi, bersumpah serapah tidak akan mau lagi berinvestasi di pasar saham bahkan bunuh diri.

Hal ini sama seperti hijrah.

Hanya mereka yang mau belajar tentang islam dari dasar, pertama mulai dari aqidah (keimanan), kemudian adab (cara bersikap), kemudian akhlak, kemudian ibadah, dan baru kemudian muamalah (hubungan dengan sesama manusia) yang akan bertahan menghadapi berbagai cobaan setelah hijrah.

Bagi Anda investor baru di IDX saya dengan tulus mengucapkan selamat datang..

Dan agar Anda bisa bertahan di pasar saham sampai berpuluh tahun yang akan datang, mulailah belajar tentang saham dan fundamentalnya mulai dari sekarang.

Kalau tidak, saya khawatir suatu saat saya harus mengucapkan selamat tinggal.

Leave a Reply