META, Ada Apa Denganmu? (2) | BIA #49

Setelah kemarin membahas siapa pemegang saham pengendali PT NUSANTARA INFRASTRUCTURE Tbk, META, minggu ini kita bahas kondisi keuangan META..

Harga saham META terus menurun sejak awal tahun, padahal indicator-indikator umum mencerminkan kondisi bisnis dan keuangan yang baik..

Karena itu, analisis META kami beri judul..

META, Ada Apa Denganmu?*

Setelah apa yang terjadi dengan IPO TAXI (yang sudah kami analisis disini), jujur saja saya tidak lagi tertarik dengan semua emiten saham yang dimiliki oleh grup Rajawali, karena kami anggap tidak memihak investor retail..

Namun, agar objektif, maka minggu lalu kami mulai meneliti Annual report META tahun 2014 dan laporan keuangan META tahun-tahun sebelumnya. Setelah Kami teliti, selain indicator-indikator keuangan yang tampak baik, ada beberapa hal ‘UNIK’ (setiap kali menyebut kata unik, itu berarti buruk) yang harus anda perhatikan..

Hal Unik yang pertama adalah adanya akun Aset keuangan yang tersedia untuk dijual senilai rp. 11.473.562.500. Adanya akun ini walau tidak menyalahi aturan namun mengingatkan kami pada laporan-laporan keuangan grup Bakrie, yang…

Ah, masak perlu dijelasin lagi! 😀

Adanya akun Aset keuangan yang tersedia untuk dijual juga harusnya menyadarkan kita bahwa bila Suatu emiten tidak pede dengan bisnisnya sendiri dan merasa perlu berinvestasi di emiten lain, lantas mengapa anda harus berinvestasi di emiten itu?

Uniknya, Aset keuangan yang tersedia untuk dijual milik META di akhir tahun 2014 mengalami penurunan nilai sebesar rp. 7.742.538.375 dari nilai pembeliannya..

Bukannya ini layaknya anda menyontek jawaban soal UMPTN /  SPMB / SBMPTN peserta tes sebelah anda yang mencontek jawaban teman sebelahnya yang kebetulan paling malas belajar dari semua peserta seruangan?

Akun berikutnya ternyata lebih unik dan layak membuat anda tercengang..

META mempunyai Investasi jangka pendek sebesar rp.147.358.026.197. Investasi jangka pendek ini berupa Reverse REPO kepada dua perusahaan yakni PT Mandiri Makmur Persada dan PT Permata Perdana Sakti, yang keduanya merupakan pihak ketiga dan bukan anak perusahaan META

Uniknya, Reverse REPO META ini senilai rp.150 Milyar dengan perjanjian pembayaran keuntungan rata-rata hanya 4% per tahun..

Bukannya meminjamkan uang kita kepada orang lain yang bukan siapa-siapa kita, dengan POTENSI (karena bisa ga dibayar juga) keuntungan bunga dibawah deposito, ditambah kenyataan bahwa uang yang kita pinjamkan merupakan uang pinjaman dari bank dengan bunga 10,5% per tahun, adalah hal yang sangat unik?

Saya bisa melihat Warren Buffett tertawa keras saat ada orang yang menjawab tidak..

Keunikan laporan keuangan META belum selesai sampai disitu saja..

Di akun lain yakni akun uang muka dan piutang Investasi, ada beberapa transaksi dengan pola mirip transaksi di atas dengan nilai total rp.258,5 Milyar!

Oh My..

Dari akun asset, Pada akhir 2014, META mencatat Aset tak berwujud alias Goodwill sebesar rp. 106,9 Milyar, sebuah angka yang besar bagi perusahaan yang perolehan terbaik (seumur hidup perusahaaan) laba bersih setahunnya hanya rp.92 Milyar..

Sekarang, mari kita menengok ke akun ekuitas

Jumlah Ekuitas META yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar rp. 1,727 Trilyun (posisi ekuitas yang telah dikurangi kerugian investasi saham dan saham yang di buyback), angka yang sekilas tampak besar.

Namun, bila kita lebih cermat, dari total ekuitas itu, bagian senilai Rp. 1,743 trilyun diantaranya merupakan ekuitas yang berasal dari setoran modal, bukan dari saldo laba..

Mau tau berapa saldo laba yang sudah dikumpulkan META seumur hidupnya?

76 Milyar Rupiah saja, tanpa pernah membagikan sepeserpun deviden!

Yang paling parah, META mencatatkan keuntungan rp.93 Milyar di tahun 2014, meningkat lebih dari 66% dari tahun 2013 yang berjumlah rp.56 Milyar. Namun, bila kita melihat angka Operating Cash Flow, akan tampak hal yang SANGAT UNIK..

OCF META di tahun 2014 berjumlah rp.39 Milyar atau menurun lebih dari 70% dari angka OCF di tahun 2013 yang mencapai rp.131 Milyar..

Ketidaksesuaian laba bersih dengan OCF diatas, bisa berarti telah jadi sesuatu yang sangat unik dengan laporan keuangan META

Masih tertarik membeli saham META?

 

PT NUSANTARA INFRASTRUCTURE Tbk, META, 2014 :

Rating Keuangan : E

 

@dr_BramIrfanda

*Analisis saham Fundamental META, yang berjudul “META, Ada Apa Denganmu”, akan kami jadikan 4 atau 5 seri, jadi DAFTARKAN EMAIL ANDA DI FORM DIBAWAH INI UNTUK MENDAPAT KIRIMAN ANALISIS META BERIKUTNYA.. MAU?

 

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply