Krisis Pasar Saham China, IDX Bernasib Sama? | BIA #46

Utk mengerti KRISIS BURSA SAHAM CHINA, kita harus mempelajari factor penyebab Bursa Saham China Bubble & Crash. Dan apakah IDX / BEI akan BERNASIB SAMA?

Negara China, mempunyai tingkat Menabung yang sangat tinggi, yakni sampai 50% dari GDP, angka ini hampir tiga kali lipat dari tingkat menabung di Amerika. Setiap bulan, rata-rata orang china menabung lebih dari 30% dari pendapatan bersih yang mereka terima..

Dalam suatu wawancara dengan Bloomberg, salah seorang warna China yang kita sebut saja N, mempunyai gaji gabungan dengan istri sebesar 20.000 Yuan (sekitar rp.40 Juta) setiap bulan. Gaji ini harus mereka habiskan 3000 Yuan untuk membayar KPR dan 3000 yuan untuk biaya sekolah putrinya dan kebutuhan rumah tangga. Sisa 16000 Yuannya? Mereka tabung!

Kebanyakan Warga Negara China merasa tidak aman dengan kebijakan Pemerintahnya, maka mereka menyiapkan dana yang besar untuk mengantisipasi kebijakan Pemerintah yang di masa depan. Karena itu, kebanyakan warga Negara China memilih untuk menabung Uangnya di bank atau menginvestasikannya demi masa depan..

Masalahnya, Pilihan Investasi di China terbatas, dan Harga Property China terus turun sejak akhir 2011. Karena itu, Pasar saham menjadi Pilihan –bahkan satu-satunya pilihan bagi banyak orang-. Karena itu, sejak pertengahan tahun 2014 sampai awal Juni 2015, Bursa saham Shanghai dan  Shenzhen  sudah naik lebih dari 150%!

Dalam setahun ini, banyak investor retail China yang baru masuk ke pasar saham, dan awam akan investasi saham, malah tergoda menggunakan Margin –hutang ke broker untuk membeli saham-. Akibatnya jelas, Harga saham terus naik tidak terkira..

Kenaikan Bursa saham China yang gila-gilaan hanya dalam waktu satu tahun ditengah kinerja emiten saham yang biasa saja inilah yang menyebabkan terjadinya Bubble Pasar saham China, alias harga saham-saham di china sudah tidak masuk akal. Karena sebab itu, penurunan tajam yang terjadi di bursa saham china saat ini bisa dibilang wajar..

Pertanyaannya, Bagaimana dengan Pasar saham Indonesia?

Bila anda mempunyai saham di IDX dan yakin saham yang anda beli berkualitas baik secara fundamental, maka jangan jual saham anda hanya gara-gara Bursa saham china mengalami Crash..

Toh, harga saham di IDX saat ini masih wajar..

Kecuali, bila anda membeli saham karena ikut-ikutan atau tertarik spekulasi kenaikan saham tertentu yang tidak anda pahami dengan benar..

 

@dr_BramIrfanda

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Beberapa waktu kedepan, kami akan menganalisis emiten Konstruksi di BEI selain ADHI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , ,

Leave a Reply