Jebakan Mematikan Saham IPO – BIA #88

Banyak investor dan trader yang salah mengira bahwa semua IPO itu didasari niat baik pemegang saham Pengendali, untuk mencari modal bagi pengembangan perusahaan mereka..

Karena anggapan menyesatkan diatas, Banyak Yang tersesat – terutama mereka Yang Masih pemula di pasar saham- dan membeli saham IPO hanya karena mereka mempunyai persepsi saham IPO ini pasti Naik seperti saham IPO lain Yang melesat ke awan – layaknya TCPI sekarang..

Well, anggapan ini tentu Saja sangat berbahaya dan memilukan.

Bahkan bisa berakibat fatal, bagi jiwa, raga dan kehidupan..

Kebetulan Saya kenal dengan beberapa orang pemegang saham pengendali di beberapa emiten BEI, dan Saya sendiri di masa depan ingin mengIPOkan beberapa perusahaan Saya..

Dari interaksi, ngobrol, diskusi dengan beberapa pemegang saham pengendali emiten BEI itu, Saya berkesimpulan Kalo tidak semua iPO bertujuan untuk memajukan perusahaan yang mereka punya..

Bila dikelompokkan, Model IPO bisa berbeda- beda, tergantung niat awal IPOnya, diantaranya :

1. Mencari Dana

Tujuan IPO untuk mencari dana ini bisa dimaksudkan sebagai modal pertumbuhan atau untuk membayar hutang perusahaan. Inilah Model IPO Yang terbaik, dimana Dana IPO Yang didapatkan digunakan untuk keperluan perusahaan, baik untuk mengejar pertumbuhan maupun menurunkan beban hutang perusahaan

2. Exit Strategy

Pemegang saham awal baik Founder maupun investor – angel investor, incubator, venture capital dll – tentu Saja membutuhkan imbalan dari investasinya. Nah, IPO di bursa membuat investor mudah menarik hasil dan atau modal dari investasinya. Model IPO ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang tergolong start up, Yang pertumbuhannya membutuhkan Banyak suntikan Dana Dari luar. Model IPO ini bisa diniatkan sebagai exit strategy founder, Yang lalu tidak aktif Lagi di perusahaan atau exit strategy investor sebagai sarana investor awal untuk merealisasikan keuntungan
Niat IPO pertama Dan kedua diatas keduanya baik dan bisa serta sering muncul berbarengan

3. Sumur Uang Pemegang Saham Pengendali

Banyak IPO, Yang didasari untuk merauh sebanyak mungkin keuntungan HANYA bagi pemegang saham pengendali. Teknik menyedot keuntungannya pun beragam, bisa melalui memakan Dana IPO, Right issue, buyback saham di harga puncak, tidak pernah membagi deviden, transfer asset, laporan keuangan Unik dll. Dalam Model IPO ini, pemegang saham minoritas Masih bisa menikmati laba Dari kenaikan harga sahamnya, walaupun secara sengaja pemegang saham pengendali tidak ingin membagi kuenya. Contoh nyata pemegang saham pengendali yg seperti ini adalah emiten Salah satu Group bisnis terkaya di Indonesia, Group B Dan group L.

4. Merampok

Model IPO ini dilakukan dengan mengIPOkan perusahaan sampah yang laporan keuangannya dipermak.
Ini Cara paling Kotor Yang dilakukan oleh pemegang saham pengendali, dimana sejak awal niatnya adalah menjual perusahaan yang aslinya sampah, untuk mencuri uang pembeli IPO. Perusahaan seperti ini biasanya sengaja ditumbuhkan dengan cepat memakai hutang, lalu aset digelembungkan, dan ketika  nilai perusahannya sudah pantas IPO, di IPOkan.

Model keempat ini Yang paling merugikan bagi pembeli IPO dan pemegang saham minoritas karena bisa tiba-tiba pailit dalam waktu singkat..

Keempat macam IPO diatas, semuanya Ada di Bursa efek Indonesia, Dan mungkin sekali sahamnya saat ini tengah anda miliki..

Bila saham IPO Yang anda miliki saat ini adalah model pertama dan kedua, Saya hanya bisa mengucapkan selamat..

Bila saham IPO yang anda miliki saat ini adalah model ketiga, Saya doakan anda selamat..

Bila saham IPO Yang anda miliki saat ini adalah model keempat, saya hanya bisa memberi pesan : Cepat keluar atau anda tidak Akan selamat..

Pertanyaannya, Saham IPO yang Anda punya, model IPO yang keberapa?

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , ,

Comments: 2

  1. Abdi Ardiansyah November 17, 2018 at 9:59 pm Reply

    B dan L itu bak*i dan L*ppo ya?

    • @dr_BramIrfanda November 18, 2018 at 8:42 am Reply

      betul 🙂

Leave a Reply