Harga Saham SSIA, Murah atau Murahan? | BIA #70

Harga saham PT Surya Semesta Internusa Tbk, SSIA, dikatakan Murah karena punya PER 2,4 dengan PBV 0,7. Benernya, Harga saham SSIA itu murah atau malah Murahan?

Harga saham SSIA yang katanya ‘murah’ banyak menjadi perdebatan di komunitas IDX. Banyak yang bilang murah karena PERnya rendah, ada yang bilang murah karena PBV 0,7 , ada juga yang bilang murah karena sektornya memang lagi tiarap..

Untuk pastinya, mari kita cek bersama..

Sampai Q3 2017, SSIA mencatatkan laba bersih rp. 1,27 Trilyun, dengan posisi Cash per akhir Q3 2017 sebesar rp.1,375 Trilyun, namun punya market Cap hanya rp.2,85 Trilyun!

Muraaaahhhh?

Belum tentu..

Bila kita cek lagi di Laporan laba rugi SSIA sampai Q3 2017, akan kita temui akun pendapatan lainnya yang sebesar rp. 1,803 Trilyun. Dan bila akun ini dihilangkan, maka laba bersih SSIA akan menjadi negatif alias rugi bersih rp.533 Milyar!

Baca Juga :

Dalam akun pendapatan lainnya itu, ada akun Keuntungan Penjualan Investasi dan Pengalihan Hak atas Aset sebesar rp. 1,729 Trilyun, yang merupakan keuntungan penjualan PT Lintas Marga Sedaya dan PT Baskhara Utama Sedaya kepada PT Astratel Nusantara (Astratel) senilai rp. 2,586 Trilyun. Bila akun Keuntungan Penjualan Investasi dan Pengalihan Hak atas Aset sebesar rp. 1,729 Trilyun ini dihilangkan, maka SSIA di Q3 2017 mengalami rugi bersih rp. 459 Milyar!

Laporan Arus Kas SSIA mengkonfirmasi kerugian itu dengan mencatatkan Arus kas operasi negatif rp.223 Milyar. Dari Laporan arus kas SSIA sejak 2016, ternyata SSIA selalu mencatatkan arus kas operasi negatif dengan jumlah sebesar minus rp 348 Milyar di Q3 2016 dan sebesar minus rp.280 Milyar di FY 2016..

Ini berarti, sejak tahun 2016 sampai Q3 2017, SSIA selalu kehilangan uang dari operasi bisnisnya..

dan Jujur saja, ini Buruk dan harus membuat anda waspada..

PT Surya Semesta Internusa Tbk, SSIA Q3 2017

Rating Kinerja Bisnis : D

Rating Harga Saham : C

 

@dr_BramIrfanda

^ utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply