Harga Saham PSSI Sudah Murah? – BIA #96

Harga saham PT Pelita Samudera Shipping Tbk., PSSI, mencapai angka diatas 200/saham pada bulan lalu, maret 2019. Apakah harga saham PSSI akan segera kembali ke 200an?

PT Pelita Samudera Shipping Tbk., PSS, seperti namanya adalah emiten perkapalan, dengan Bisnis utama mengangkut batubara. PPSI mengangkut batubara dari pelabuhan ke FLF memakai kapal tongkang yang dimilikinya, lalu Memindahkan batubara dari tongkang ke mother vessel memakai FLF yang dimilikinya. Oleh Mother vessel, batubara ini kemudian dibawa ke pelabuhan tujuan. PSSI sukses melakukan IPO di bulan November 2017, dengan publik memegang 15,7% sahamnya..

Dari sisi Bisnis, tahun 2017 adalah comeback bagi bisnis PPSI. Pada tahun 2017, Utility kapal PSSI mencapai 94%, jauh lebih tinggi daripada utility kapal di tahun 2016 yang hanya sebesar 83%. PSSI pun kembali mencatatkan laba setelah di tahun 2015 dan 2016 selalu mencatatkan kerugian. Sampai Q3 2018, PSSI bahkan mencatatkan laba bersih hingga US $ 12Juta,,

Karena PSSI per hari ini mempunyai market Cap rp 875 Milyar, apakah PSSI Undervalue?

Well, saya melihatnya belum undervalue..

Kenapa?

Harus kita ingat bahwa PSSI adalah emiten perkapalan yang fokusnya mengangkut batubara. Hal ini berarti ketika batubara harganya turun, perusahaan tambang batubara harus berhemat karena sifat industrinya yang menjadikan mereka sebagai price taker. Artinya, perusahaan batubara akan minta diskon biaya angkut ke perusahaan angkutan batubaranya. Karena itu, Perusahaan angkutan Batubara seperti PSSI akan terpaksa menurunkan rate biaya angkutnya saat dihadapkan pada rendahnya harga batubara..

Apakah Penurunan rate biaya angkut ini akan sampai membuat perusahaan angkutan batubara mencetak kerugian?

Jawabannya adalah,,

Hampir pasti : iya

PSSI sendiri mencetak kerugian bersih sampai US $12 juta di tahun 2015 dan 2016, tepat ketika harga batubara berada di harga rendah. Dan agaknya ini akan kembali berulang. 

Dan bila melihat proses terciptanya laba bersih di Laporan Keuangan PSSI 2017, ada hal yang harus menjadi perhatian : ada kenaikan umur ekonomis FLF milik PSSI dari 8,5-10 tahun menjadi sepanjang 16 tahun. Kenaikan umur ekonomis FLF hampir dua kali lipat. Permainan sulap biaya depresiasi ini menyebabkan biaya pokok pendapatan PSSI turun, ditengah kenaikan pendapatan di tahun 2017 hingga 42%.

Apakah menurut anda hal ini wajar? 😀

PT Pelita Samudera Shipping Tbk., PSSI, Q3 2018

Rating kinerja Bisnis              : B

Rating Kualitas Manajemen : C

Rating Kondisi Keuangan      : C

Rating Harga saham               : C

.

@dr_BramIrfanda

Untuk menerima update GRATIS The Bram Irfanda Analysis, mohon klik subscribe atau mohon masukkan email anda ke form email dibawah ini

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

1 comment

  1. yusnardo June 21, 2019 at 7:53 am Reply

    Menurut saya harga saham pssi masih mahal sih gan

Leave a Reply