Tentang Harga saham PPRE | BIA #87

Saham PPRE, PT PP Presisi tbk., sekarang berada di harga rp.356/ saham alias sudah menurun 17% dari harga IPO..

apakah sudah murah?

Bila anda membaca AR PPRE 2017, maka Manajemen PPRE menyombongkan Transformasi bisnisnya, karena Transformasi yang dilakukan PPRE telah mengantarkan Perseroan pada Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk/Compound Annual Growth Rate (CAGR) Pendapatan sebesar 115%..

Transformasi ini hebat dan layak di apresiasi, tapi menggunakan angka pertumbuhan masa lalu yang sebesar 115% untuk melakukan valuasi Saham PPRE itu naif dan memilukan..

Pertumbuhan tinggi, hanya bisa dilakukan dari kecil ke besar, dan tidak bisa dilakukan saat suatu perusahaan sudah besar tapi ingin tumbuh meraksasa..

Jadi angka pertumbuhan 115% ini tidak valid untuk valuasi..

lantas kita pakai angka berapa untuk valuasinya?

Baca Juga : 

Menilik kondisi sekarang, susah untuk menilai berapa angka pertumbuhan rata-rata PPRE kedepan..

Minimal ada 2 hal yang membuat pertumbuhan PPRE kedepan masih samar :

  • Masa Depan Pasar Konstruksi

Pasar Konstruksi Di Indonesia sangat tergantung pada belanja insfrastruktur Pemerintah. Belanja Infrastruktur pemerintah sendiri sangat tergantung pada siapa presidennya. Bila presiden Jokowi yang menang, hampir pasti pasar konstruksi akan naik kembali. Namun, bila skenario yang terjadi berbeda, maka anggaran infrastruktur bisa dipangkas, akibatnya mayoritas pasar emiten konstruksi bisa lenyap..

Apalagi, Cawapres dari kubu penantang adalah pengusaha yang sangat dekat dengan Ketua KADIN saat ini. Ketua KADIN saat ini, secara terbuka meminta swasta dilibatkan dalam proses pembangunan insfrastruktur. Maka bila kubu penantang menang, hal ini akan semakin mengurangi potensi pasar konstruksi bagi emiten BUMN konstruksi, seperti PPRE dan induknya, PTPP..

  • Masalah Hutang

Di laporan tahunannya, Manajemen PPRE secara terbuka menyatakan bisa menambah hutang antara rp 6-9 Trilyun lagi sebagai modal pengembangkan bisnisnya. Hal ini dikarenakan DER PPRE masih 1,1, akibat dana IPO yang membuat ekuitas PPRE membengkak. Bila ini benar-benar terjadi -dan sepertinya tinggal menunggu waktu-, maka DER PPRE akan meningkat menjadi sekitar 3-4..

Ketika DER PPRE sampai 3 sampai 4, maka saham PPRE akan sangat rentan menghadapi gonjang ganjing harga saham. Dan ini wajar, karena investor dan trader pasti lebih nyaman memegang saham perusahaan yang hutangnya masih masuk akal. Selain itu perlu kita ingat, bahwa PTPP masih memiliki 77% saham PPRE. Ini berarti, bila DER PPRE sudah sampai 3 atau 4, maka ada kemungkinan cukup besar PPRE akan melakukan Right Issue. Dan hal ini tentu saja membuat Pemegang saham minoritas yang ketiban sial..

Terlepas dari kedua faktor diatas, Di harga saham Saat ini, PER PPRE berada di angka 12, dengan PBV di angka 1,4. Ditengah belum adanya ketidakpastian diatas, maka agak riskan untuk membeli saham PPRE di harganya yang sekarang, karena MOSnya belum dapat. Dan Bila kita menengok sedikit ke sekitar, maka ada emiten yang lebih menarik daripada PPRE, dari sisi valuasi..

 

PT PP Presisi Tbk., PPRE, Q3 2018

Rating Harga saham : C

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , ,

Leave a Reply