Harga Saham J Resources PSAB 2017, Sudah Murah? | BIA #69

PT J Resources Asia Pasifik Tbk, PSAB, berniat meningkatkan produksi emasnya sampai 362.000 oz per tahun. Masalahnya Bagaimana harga saham PSAB? apakah undervalue?

PSAB membutuhkan modal $ 300 Juta untuk meningkatkan produksi emasnya sampai 362.000 oz per tahun. masalahnya Bagaimana posisi keuangan PSAB?

Sayangnya tidak terlalu lapang..

Current Ratio PSAB di Q3 2017, berjumlah 0,64, dengan kas, piutang dan persedian hanya berjumlah total $ 68 Juta. Tentu, aset lancar PSAB tergolong kecil bila dibandingkan kewajiban lancar PSAB yang sebesar $ 158 Juta..

jumlah aset lancar ini tentu Sangat tidak mencukupi untuk membiayai pengembangan tambang Doup dan Pani..

karena itulah, Karena Likuiditas yang kurang baik disertai DER yang sebesar 1,5, ditambah kebutuhan modal $ 300 Juta untuk pengembangan blok Doup dan Pani maka pantaslah kalo RUPS PSAB di 2017 kemarin, RUPS PSAB sudah setuju untuk melakukan Right issue sebesar $ 300 Juta atau 20,13 miliar saham baru..

Dengan Rights issue ini, maka jumlah saham PSAB akan membengkak dari 26,46 milyar saham menjadi 46,59 milyar saham. artinya ada dilusi 43%!

Besar juga ya..

Bila Market cap per 15 februari 2018 adalah sebesar rp. 5 Trilyun, maka market cap setelah Right issue -bila kita asumsikan RI di harga 190/lembar, dan harga saham bertahan di level itu-, maka market cap PSAB menjadi rp.9 Trilyun.

Baca juga :

Bila kita memakai asumsi sederhana, dengan menggunakan angka produksi tambang, penjualan dan laba 2016, maka dengan reserve yang 3,7 Juta oz, maka ketemu umur tambang adalah 19,25 tahun. Bila kita hitung dengan harga emas rata-rata 2016 yang sebesar $ 1243/oz dan laba bersih PSAB 2016, maka laba dalam periode itu akan mencapai $ 370 Juta atau rp.5 Trilyun. Tentu saja, ini adalah perhitungan Konservatif yang tidak memperhatikan kenaikan harga Emas di masa depan, yang -melihat hutang US yg $20 Trilyun- hampir pasti terjadi..

Walaupun perhitungan diatas sangat konservatif, Sampai Q3 2017 penjualan PSAB malah menurun 8,3% menjadi $164 Juta . Laba juga menurun sebesar 50% menjadi 10 Juta. Hal ini sepertinya terjadi karena harga jual rata-rata emas PSAB tidak sebaik tahun 2016, sedangkan Beban pokok penjualan malah naik 10%..

Ditengah fluktuasi harga emas dunia, yang membuat valuasi PSAB menjadi susah, Saya menemukan bahwa manajemen PSAB hingga saat ini tampak memiliki integritas. Ketika keadaan susah maupun keadaan cerah, manajemen mengungkapkan keadaannya tanpa berusaha membuatnya menjadi tidak Jelas.

Namun, karena PSAB membutuhkan banyak dana untuk pengembangan blok-blok tambangnya – blok Bolangitan dan bulagidun belum berada di tahap pengembangan- dan kemampuan yang hebat dari manajemen dalam mencari dana lewat pasar modal, maka Jangan kaget bila Right Issue $300 Juta yang akan diproyeksikan terjadi di 2018, bukanlah Right issue terakhir dari PSAB..

Dari dua analisa tentang PSAB, saya masih belum berkesimpulan PSAB sudah undervalue di harga yang sekarang. Tapi tentu saja, valuasi PSAB tergantung pada harga emas dunia juga, jadi ini hanya berlaku untuk harga emas yang sekarang..

Bagaimana pendapat anda tentang harga saham PSAB sekarang?

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) 2017

Rating Kinerja Bisnis : A

Rating Keuangan       : C

Rating Manajemen   : B

Rating Harga Saham : C

 

@dr_BramIrfanda

^ utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , ,

Leave a Reply