Garuda Metalindo (BOLT), IPO? | BIA #45

PT Garuda Metalindo tbk, BOLT, sukses melakukan IPO dengan harga rp.550. Bagaimana Analisa Saham Fundamental Garuda Metalindo, BOLT? Bagaimana Valuasi sahamnya?

Sejarah BOLT

PT Garuda Metalindo tbk (BOLT) Awalnya berdiri pada tahun 1966 sebagai industri rumahan yang memproduksi becak, kemudian pada tahun 1989 mulai menjadi pemasok komponen untuk produsen sepeda motor Honda Indonesia. Saat ini, PT Garuda Metalindo tbk (BOLT) Memproduksi mur, baut, dan komponen lain sejenis dengan metode penempaan dingin (cold forging), yang digunakan oleh beberapa merk kendaraan bermotor terkemuka dalam negeri

Adapun 60% penjualan produk PT Garuda Metalindo tbk, BOLT sampai sekarang ini masih ditujukan kepada segmen roda 2, dimana PT Astra Honda Motor menjadi pelanggan terbesarnya. Saat ini, Garuda Metalindo memiliki 2 fasilitas produksi di Jakarta Utara dan Tangerang.

Sebelum IPO, Kepemilikan PT Garuda Metalindo tbk, BOLT 100% oleh keluarga Wijaya. Setelah IPO,keluarga wijaya menguasai 80% saham PT Garuda Metalindo tbk, BOLT..

Prospek Bisnis BOLT

Perkembangan usaha Garuda Metalindo tidak terlepas dari pasang surutnya kinerja penjualan industri otomotif khususnya roda 2 dan 4 di dalam negeri, dimana lebih dari 97% produk Perseroan diserap oleh industri pembuatan kendaraan bermotor di dalam negeri. Karena itu, potensi pertumbuhan bisnis perseroan ke depannya akan sangat dipengaruhi oleh pasang surut industri otomotif dan perekonomian nasional.

Sayangnya, tahun 2015 ini Gaikindo dan AISI meramalkan penjualan mobil dan sepeda motor di Indonesia akan mengalami Penurunan. Menurut AISI, Selama empat bulan pertama 2015, sebanyak 2,1 juta sepeda motor laku terjual di Indonesia. Angka tersebut anjlok 21,46 persen dibandingkan dengan realisasi penjualan Januari-April 2014, yang mencapai 2,71 juta unit. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat total penjualan kendaraan roda empat pada periode Januari-Maret 2014 mencapai 328.500 unit, lebih banyak 46.267 unit dibandingkan perolehan periode yang sama tahun ini.

Pada tahun buku 2014, kontribusi penjualan ke PT Astra Honda Motor tercatat mencapai 56% dari Rp962 milyar total penjualan bersih BOLT. Masalahnya, PT Astra Honda Motor menurunkan target penjualannya sebanyak 10-12% dari target awalnya.

Melihat Kondisi perekonomian yang seperti ini, agaknya bisa kita ramalkan kinerja bisnis PT Garuda Metalindo tbk BOLT tahun ini akan mengalami penurunan..

Dipandang dari sisi Bisnis, Bisnis Produksi Mur dan Baut adalah Bisnis Komoditas yang semua orang bisa masuk, asal Punya Modal. Akibatnya pemain di Bisnis Mur dan Baut seperti PT Garuda Metalindo tbk BOLT harus bersaing dalam hal harga untuk meningkatkan penjualan.

PT Garuda Metalindo tbk BOLT selain menghadapi perang harga, juga harus menghadapi terus naiknya Biaya-biaya, seperti Biaya gaji Karyawan , listrik dan beberapa biaya lain. Dampaknya, PT Garuda Metalindo tbk BOLT mengalami kerugian sebesar Rp37 milyar dan Rp20 milyar secara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013, walaupun pertumbuhan pendapatan pertahunnya di Tahun itu naik cukup besar.

Kami meramalkan dalam beberapa tahun kedepan, PT Garuda Metalindo tbk BOLT akan terus menghadapi kenaikan beban yang menggerus marginnya dan kenyataan sulitnya menaikkan atau bahkan mendapatkan keuntungan

Keuangan BOLT

Kondisi Keuangan PT Garuda Metalindo tbk BOLT isa dibilang cukup baik setelah melakukan IPO karena adanya suntikan modal rp.250 Milyar..

Namun, sebelum IPO, bisa dibilang kondisinya kurang baik..

Saldo Kas PT Garuda Metalindo tbk BOLT pada tahun 2014 hanya rp.11 Milyar, jumlah ini menurun 50% bila dibandingkan posisi kas di akhir 2013. Yang perlu dicatat, dengan posisi kas hanya rp11 Milyar dan Piutang usaha sebesar rp155 Milyar, ini menunjukkan rentannya perseroan akan masalah liquiditas. Masalah Likuiditas ini agaknya akan kembali dirasakan BOLT beberapa tahun kedepan setelah dana hasil IPO habis digunakan.

Angka ekuitas yang sebesar rp544 Milyar juga sejatinya tidak terlampau baik, karena sebagian besarnya bersumber dari Surplus revaluasi tanah sebesar rp.192,285 M, dan penambahan modal disetor sebesar rp.172,500

Jadi DER BOLT pada tahun 2014 yang sebesar 0,66 itu bukanlah ‘DER Organic’, tetapi merupakan DER Buatan..

Dan melihat kemampulabaan dan Kemampuan BOLT mencatatkan OCF positif, agaknya dalam beberapa tahun kedepan kondisi keuangan BOLT akan kembali memburuk seperti pada tahun 2013 dan tahun sebelumnya

Harga Saham dan Valuasi BOLT

PT Garuda Metalindo tbk BOLT melakukan IPO dengan harga penawaran rp.550/saham. Harga rp.550 / saham ini brarti BOLT mempunyai PBV 2,3 dan PER 11.

Pertanyaanya, apakah valuasi PT Garuda Metalindo tbk BOLT ini wajar?

Warren Buffett umumnya menggunakan  data keuangan Historis selama 3-10 tahun kebelakang untuk menilai kinerja suatu Perusahaan..

Bila kita menggunakan patokan waktu yang sama, maka angka-angka diatas tidak menggambarkan valuasi BOLT yang sebenarnya..

PER PT Garuda Metalindo tbk yang tampak rendah di angka 11, ternyata menggunakan laba bersih tahun 2014. Seperti kebanyakan emiten, BOLT juga melakukan ‘Touch Up’ dalam kinerja Bisnis dan keuangannya, dengan hasil pada tahun 2014 BOLT mencatatkan laba bersih super sebesar rp.114 Milyar. Padahal BOLT mengalami kerugian sebesar Rp37 milyar dan Rp20 milyar secara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013, walau pada saat itu kondisi perekonomian tengah dalam posisi puncak, dan pendapatan BOLT terus meningkat.

Perhitungan Valuasi melalui PBV juga tidak cocok untuk BOLT disebabkan oleh Nilai Ekuitas yang bertambah rp.444 Milyar pada tahun 2014 karena adanya revaluasi tanah dan tambahan modal disetor. Bila kita menggunakan ekuitas tahun 2013 dan angka rp. 444 Milyar ini kita hilangkan, akan ketemu PBV sebesar 14,5, suatu angka yang tidak masuk akal..

Karena angka laba bersih beberapa tahun terakhir masih gelap, bahkan 2 dari 3 tahun mengalami kerugian, maka metode DCF tidak bisa kita gunakan. Karena itu, saya lebih memilih menggunakan cara valuasi saat membeli perusahaan Private, tentu dengan memakai margin pengaman. Dari metode ini, menurut kami valuasi wajar PT Garuda Metalindo tbk BOLT senilai Rp.350-400 Milyar atau rp.149-170/ lembar saham yang mana hanya sekitar 0,2 X dari harga saham BOLT pada tanggal 28 Juli 2015 yang sebesar rp.820.

Harga saham BOLT Terlalu Mahal Memang..

Rating PT Garuda Metalindo tbk (BOLT) 2015 :

Rating Prospek Bisnis        : D

Rating Kondisi Keuangan   : C

Rating Harga Saham           : E

 

 @dr_BramIrfanda

Beberapa waktu kedepan, kami akan menganalisis emiten Konstruksi di BEI selain ADHI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply