Analisis Fundamental Perusahaan Konstruksi : Apa Yang Penting? | BIA #22

Di Indonesia, Sektor Properti menjadi salah satu sektor paling aktraktif dalam 2-3 tahun terakhir ini. Selain dinikmati oleh Perusahaan Properti, perusahaan Konstruksi juga meraih keuntungan besar akibat memontum naiknya pasar Properti dalam beberapa tahun terakhir ini..

Bagaimana sifat Industri Kontruksi sendiri?

Industri Properti sendiri bisa dibilang mirip seperti industri Komoditas..

Namun, komoditas yang diperdagangkan bukanlah barang atau benda, namun manusia dan hasil ciptaannya..

Dalam industri Konstruksi praktis tidak ada -lebih tepatnya sangat kecil- yang namanya kekuatan Brand layaknya industri Consumer Goods. Pesanan Pengerjaan Kontruksi yang diperoleh lewat penunjukan langsung jumlahnya sangat kecil, bahkan umumnya kurang dari 10% dari Pendapatan tahunan Perusahaan Kontruksi..

Umumnya Perusahaan Konstruksi satu dengan yang lain harus bertempur dalam tender-tender untuk meraih proyek. Dan tender-tender seperti ini Tidak memperdulikan Brand, hal yang terpenting adalah menariknya Proposal & harga penawaran yang diajukan..

Siapapun, dari perusahaan manapun dengan Proposal dan harga yang terbaik akan memenangkan Tender yang diikuti..

Sesimpel itu..

Proposal dan harga penawaran yang bagus tentu hanya bisa diperoleh dari tim kerja yang cerdas, kolektif serta bekerja di lingkungan yang kondusif..

Akibatnya, SDM adalah Modal utama sebuah Perusahaan Konstruksi. Sebuah perusahaan Konstruksi baru yang mampu membajak manajemen atau karyawan berprestasi perusahaan konstruksi lain yang sudah mapan, akan mampu menggoyang kedigdayaan pemain lama yang sudah tegak berdiri..

Oleh karena itu, kekuatan manajemen adalah hal terpenting dalam memilih Perusahaan Konstruksi mana yang cocok untuk menjadi tempat Kita berinvestasi. Manajemen terbaik, akan menarik orang-orang terbaik. Setelah mengumpulkan bakat-bakat terbaik -dan mampu mempertahankan team inti terbaik mereka-, manajemen yang baik mampu membuat orang-orang terbaik ini menghasilkan output dan Prestasi kerja terbaik..

Jadi, dalam memilih Perusahaan Konstruksi yang terbaik, pilihlah perusahaan dengan tim manajemen yang berbakat, punya passion yang tinggi di bidang konstruksi dan punya Integritas serta hati..

Empat kata terakhir inilah yang paling Penting.. 🙂

 

@AnalisisSaham

Tagged: , , ,

Leave a Reply