Tips Mengetahui Kecurangan Akuntansi Emiten | BIA #14

Mengetahui Kecurangan Akuntansi yang dilakukan emiten, bisa menyelamatkan investor dari penyelewengan manajemen pada Akuntansi Perusahaannya..

Bagaimana cara kita bisa mengenali kecurangan Akuntansi yang dilakukan Emiten?

Sebagian besar Trader dan Investor mengira bahwa Laba Bersih yang diumumkan oleh emiten yang melantai di bursa saham selalu nyata dan benar..

Sayangnya, kenyataan yang sebenarnya jauh dari perkiraan banyak orang..

Akuntansi hanyalah angka-angka, yang bisa disulap dari tiada menjadi ada hanya dengan satu gerakan tangan..

Diperlukan pengetahuan yang mendalam dalam bidang akuntansi untuk mengetahui secara mendetail berbagai kecurangan Akuntansi yang dilakukan oleh emiten nakal..

Namun, ada satu tips Mengetahui Kecurangan Akuntansi yang dilakukan emiten yang mudah dilakukan oleh orang yang awam sekalipun..

Yakni dengan memeriksa riwayat Pembayaran Pajak Penghasilan dari laba yang dihasilkan..

Dimana, Emiten yang melaporkan keuntungan tahunan tertentu namun tidak membayar Pajak Penghasilan sesuai jumlah laba yang dilaporkan, harus kita waspadai melakukan kecurangan akuntansi..

Lakukan pemeriksaan pembayaran pajak penghasilan perusahaan di tahun-tahun sebelumnya untuk mengkonfirmasi apakah praktik ‘lucu’ ini berulang atau tidak..

Bila kita temukan lebih dari sekali suatu emiten melakukan ini, jangan pernah beli sahamnya!

Perhatian akan hal-hal kecil seperti ini akan membuat Kita terhindar dari bencana akibat kesalahan dan kecurangan yang dilakukan oleh Orang lain..

 

@analisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , ,

Leave a Reply