Tiga Pilar Sejahtera Food (AISA) Q3 2013 | BIA #25

Pada tahun 2012, kinerja bisnis PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. emiten dengan kode saham AISA cukup baik, Bagaimana kinerja PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) sampai Kuartal ketiga 2013?

Ternyata, sepanjang kuartal ketiga tahun 2013, Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) mengalami peningkatan kinerja yang baik pula..

Sampai Kuartal ketiga tahun 2013, Tiga Pilar Sejahtera Food (AISA) mencatat penjualan netto sebesar Rp. 2,944 Trilyun atau naik 50,8 % dari Kuartal ketiga tahun 2012..

Dari kenaikan pendapatan sebesar 50% itu, laba bersih AISA ikut mendaki sebesar 37% dari Rp.157 Milyar menjadi Rp. 216 Milyar..

Kenaikan Laba bersih ini, membuat laba bersih persaham naik dari rp.53 menjadi Rp.73..

Tampak Cukup menarik Bukan?:)

Peningkatan Pendapatan Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) ini, disumbang oleh divisi Beras dan Divisi Makanan, sedangkan divisi Sawit malah mengalami penurunan pendapatan..

Secara Year to Year, Divisi makanan AISA mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 39%. Kenaikan Pendapatan divisi makanan, adalah buah dari kenaikan Pendapatan subdivisi Makanan Pokok -yang memproduksi mie & bihun kering-, yang secara total mengalami kenaikan sebesar 20% dari kuartal ketiga tahun 2012. Bihun kering menjadi pendongkrak kinerja divisi makanan setelah pendapatannya naik sebesar 51% dari pendapatan kuartal ketiga 2012.

Selama 9 bulan pertama di tahun 2013, Pendapatan sub divisi makanan Konsumsi secara total mengalami kenaikan sebesar 58% dari Rp.445 Milyar menjadi Rp.707 Milyar. Peningkatan signifikan pendapatan dari subdivisi makanan pokok ini terutama disumbang oleh peningkatan penjualan Biskuit, snack dan permen..

Peningkatan pendapatan Divisi makanan membuat laba bersih divisi makanan mencapai Rp. 162 Milyar , melompat dari laba bersih full year 2012 yang hanya Rp.85 Milyar..

Divisi makanan tidak berjuang sendiri, karena divisi beras AISA juga mencatatkan penjualan yang mengesankan dengan mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 59% dari Rp.1,1 Trilyun menjadi Rp.1,749 Trilyun..

Peningkatan pendapatan Divisi Beras membuat laba bersih divisi beras mencapai 125 Milyar, atau sudah melampaui pendapatan Full year 2012 yang hanya mencapai Rp.119 Milyar

Sayangnya, divisi sawit TPSF (AISA) malah mencatatkan penurunan pendapatan sebesar 15% dan berakibat pada kerugian bersih sebesar Rp.10,4 Milyar sampai akhir kuartal ketiga 2013..

Sampai akhir tahun, agaknya sulit bagi Divisi sawit TPSF untuk memutar balikkan keadaan, karena secara rata-rata harga CPO di dunia sedang melandai dan adanya kesulitan pemanenan Tandan Buah Segar akibat hujan yang datang lebih rajin dibandingkan biasanya..

Namun, terlepas dari kinerja Divisi Sawit yang memprihatinkan, secara umum kinerja PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) cukup menggembirakan..

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. (AISA) Q3 2013:

Rating Kinerja Bisnis : B

 

@AnalisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply