Saham Sillo Maritime Perdana (SHIP) Masih Murah?

Harga Saham PT Sillo Maritime Perdana, TBK (SHIP), sejak IPO sampai saat ini sudah naik 242%. Apakah harga saham SHIP saat ini masih menarik untuk kita masuk? masih murahkah?

Mengulas saham industri perkapalan, sebenarnya adalah hal yang paling tidak saya suka, karena biasanya  dalam jangka panjang emiten Perkapalan secara fundamental tidak terlalu baik kinerjanya. Namun, melihat peningkatan 242% harga saham dalam waktu kurang dari setahun, agaknya SHIP pantas lah diselidiki lebih jauh..

PT Sillo Maritime Perdana, TBK (SHIP) berdiri pertama kali di tahun 1989, dan pada awalnya hanyalah Marketing Representative dari beberapa perusahaan pelayaran ternama yang beroperasi di Indonesia seperti Tidewater, Gulf Marine, Maersk, Eastern Navigation, Andromeda, dll. Setelah Belasan tahun mengumpulkan modal, akhirnya di tahun 2008, SHIP mulai membeli dan mengoperasikan kapalnya sendiri. Dalam periode 2008-2012 itulah, SHIP berlari kencang dan menambah jumlah kapalnya menjadi total 8 buah kapal berbagai jenis dan ukuran. Kemudian,  di tahun 2015, SHIP menjadi pemenang tender FSO CNOOC.

Bulan Juni 2016 kemarin, emiten berkode saham SHIP ini melakukan IPO dengan membanderol sahamnya di harga Rp140 per lembar saham. Perseroan melepas 20,0 persen saham dari modal yang ditempatkan dan mempoleh dana hasil IPO sekitar Rp70 miliar.

walaupun secara bisnis tampak menarik, namun Bila dilihat melalui kacamata Keuangan, Harga saham SHIP saat ini menurut saya sangat ketinggian. SHIP mempunyai ekuitas berjumlah rp.528 Milyar (1usd = 13,300) sedangkan Market capnya rp. 1,2 trilyun, atau mempunyai PBV 2,27. Dengan PBV setinggi ini, menurut saya sangat mahal untuk perusahaan perkapalan, mengingat PBV SOCI saja – yang perusahaannya jauh lebih besar dan sampai saat ini terbukti mampu laba – tercatat hanya 0,59. Malahan, SOCI mempunyai ekuitas yang lebih tinggi, plus Return on Equity yang setara, yang mana lebih susah didapat..

Hal Kedua yang tidak saya suka dari SHIP, adalah rendahnya posisi Kas. Posisi kas SHIP per Q3 2016, hanya rp.14 Milyar. bila kita menggunakan SOCI sebagai pembanding, maka akan kita dapatkan posisi kas SOCI sebesar rp.172 Milyar dari rp.3,75 T ekuitas , alias perbandingan Cash per Ekuitas SOCI di angka 4,5 %. Di saat yang sama, perbandingan Cash per Ekuitas SHIP sendiri hanya sebesar 2,65 %. Hasil yang sama juga terjadi bila kita menggunakan perbandingan Cash dan Hutang. DI Q3 2016, Perbandingan Cash per hutang lancar SOCI di angka 24,5%, sedangkan SHIP di angka 6,5 %. Rendahnya posisi kas SHIP ini sangat berbahaya, mengingat begitu kerasnya iklim bisnis di industri perkapalan.

Yang terakhir, keputusan SHIP untuk melakukan akuisisi PT Suasa Benua Sukses (SBS) melalui penyertaan 50,84 persen saham, yang senilai dengan 97% dana IPO menurut saya agak unik. Saya sudah obok-obok berbagai laporan dan hanya menemukan kalo SBS dikendalikan oleh keluarga Tenden. Saya belum menemukan kaitan atau hubungan afiliasi antara SBS dengan SHIP, karena itu langkah akuisisi ini belum bisa secara mutlak ditentukan UNIK tidaknya. Yang saya khawatirkan adalah, akuisisi SBS ini hanyalah Exit strategy bagi pemegang saham lama SHIP, seperti yang dilakukan Group rajawali saat IPO TAXI

Secara umum, menurut saya, SHIP tidaklah cocok digunakan untuk investasi Short term untuk saat ini, karena Bursa IDX yang sedang tidak Bullish, dan hal yang sama untuk Long Term..

Beberapa tahun kedepan, saya perkirakan SHIP akan senasib seperti kebanyakan emiten perkapalan lain. Industri Perkapalan menghadapi masalah yang sama, yakni kebutuhan modal besar yang biasanya bersumber dari kredit bank / kredit berbunga lain, dengan ROE dan ROA kecil , industri yang menantang, dengan banyak saingan dan sedikit pelanggan, akibatnya ketika salah langkah sedikit saja, baik dalam ekspansi maupun mengambil leverage, akan berakhir pada satu kata = BENCANA!

Bagaimana Menurut anda?

 

PT Sillo Maritime Perdana, TBK (SHIP), Q3 2016

rating kinerja Bisnis : B

Rating Keuangan : C

Rating Harga saham : D

 

@dr_BramIrfanda

 

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Minggu depan, akan kami bahas saham yang IPO di tahun 2016. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , ,

Leave a Reply