Kenapa PPRE (PP Presisi) Akuisisi Terus? | BIA #83

PT PP Presisi Tbk., PPRE, anak usaha PT Pembangunan Perumahan, PTPP, berniat mengakuisisi perusahaan soil Improvement dalam waktu dekat. Kenapa PPRE sering melakukan akuisisi?

Mengenal PP Presisi

PT PP Presisi Tbk., PPRE adalah anak perusahaan dari PTPP, yang tentu saja merupakan saudara kandung dari PT PP Properti Tbk, PPRO. Ketiganya adalah emiten yang berasal dari Group PTPP, yang harga sahamnya saat ini sama-sama sudah menurun cukup dalam..

Namun, berbeda dari PPRO yang sejak awal didirikan oleh PTPP, PPRE merupakan hasil akuisisi rekanan yang biasa menyewakan peralatan Konstruksi pada PTPP..

Benih PPRE bernama PT Prima Jasa Aldodua (PJA), yang diakuisisi oleh PT PP (Persero) Tbk dari Yayasan Kesejahteraan Karyawan Pembangunan Perumahan (YKKPP) seharga rp.44 Milyar pada tahun 2014. Setelah menjadi milik PTPP, namanya diganti menjadi PT PP Alat Konstruksi (PP Alkon) pada Juni 2014. Mungkin Karena masih galau dengan nama barunya, kemudian PT PP Alat Konstruksi berganti nama menjadi PT PP Peralatan Konstruksi pada Juli 2014.

Setelah diakuisisi oleh PTPP, pada tahun 2015-2016 PPRE alias PT PP Peralatan Konstruksi melakukan Transformasi bisnis dengan masuk ke bisnis diluar penyewaan peralatan Konstruksi antara lain Jasa Pekerjaan Konstruksi Sipil dan Gedung, Penjualan Beton Ready Mix, Pondasi, Erector, dengan tetap menyewakan peralatan alat berat berupa tower crane dan passenger hoist. Dari Transformasi bisnis itu, terbentuklah 6 lini bisnis utama yaitu pekerjaan sipil, ready mix, pekerjaan pondasi, erector, formwork, dan rental alat berat.

Kemudian, pada Maret 2017 PT PP Peralatan Konstruksi berganti nama menjadi PT PP Presisi Tbk. yang disiapkan untuk IPO di november 2017..

Baca Juga : Harga Saham PPRO (PT PP Properti), Sudah Undervalue?

Agar valuasinya lebih manis, maka sebelum IPO PPRE mengakuisisi 51% saham PT Lancarjaya Mandiri Abadi (LMA) senilai Rp331,5 miliar. Dalam akuisisi itu, PP Presisi membeli saham Afandi Tjandra selaku pemegang saham sekaligus direktur utama LMA.

Pada tahun 2018 ini, PPRE juga terus sounding akan mengakuisisi beberapa perusahaan. Di awal tahun 2018, PPRE berencana mengakuisisi Perusahaan PMA  di bidang Erector, tapi kemudian batal..

Agustus kemarin, PPRE mengumumkan akan mengakuisisi perusahaan Lokal di bidang soil Improvement, yang katanya untuk memperkuat kompetensi di konstruksi bandara dan reklamasi

Saya memandang rangkaian akuisisi ini, sebagai usaha untuk menggunakan make up, jadi hanya usaha mempercantik diri. Kita semua tau, kalo PTPP adalah raksasa konstruksi di Indonesia, yang tentu saja bisa dan mampu melakukan semua hal yang berhubungan dengan Proyek Konstruksi, jadi sebenarnya tidak perlu lagi melakukan akuisisi untuk Transfer Knowledge..

Yang saya liat, karena PTPP sedang mengalami kesulitan arus Kas, maka IPO PPRE berguna untuk pendelegasian Resiko, terutama resiko keuangan. Tentu saja, jauh lebih mudah Right issue di anak perusahaannya, daripada Right issue lewat PTPP sebagai Induk. Karena kepemilikan pemerintah di PTPP hanya sebesar 51%, sehingga untuk Right issue lewat PTPP harus meminta persetujuan DPR yang pasti ribet..

Itulah kenapa, PPRE yang awalnya bergerak di bidang penyewaan alat Konstruksi, saat ini masuk ke banyak lini usaha konstruksi, persis seperti PTPP.. 

Dan sepertinya sebab itu pula PPRE -berencana- banyak melakukan akuisisi, yang dilakukan agar PPRE tumbuh besar dengan cepat dan bisa menambah modal lewat Right issue. Bila PPRE sudah besar, maka PPRE bisa semakin memikul beban orang tuanya lebih besar..

Sesuatu yang akan membuat PTPP tersenyum girang, dan mirisnya membuat pemegang saham minoritas jatuh terjengkang..

 

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply