Perangkap Laba Bersih Emiten Saham, Anda menjadi Korban? – BIA #92

Ketika PT Lippo Karawaci Tbk., LPKR, Dan PT Lippo Cikarang tbk., LPCK, merilis laporan Keuangan tahunan 2018, banyak yang langsung gembira bahkan beberapa mengalami euforia berlebihan..

Alasannya : LPKR Dan LPCK meraup laba bersih Di tahun 2018

Well, Bila anda memahami bagaimana laporan Keuangan dibuat, maka perasaan anda tidak Akan sama lagi saat melihat laba bersih..

Kenapa?

Karena Laba bersih bisa diciptakan semudah membalikkan telapak tangan..

Pemegang saham pengendali yang berniat, berkepribadian dan berkarakter buruk, akan dengan senang hati membuat hati anda berbunga-bunga akibat melihat angka laba bersih yang besar Di catatan laba rugi emiten mereka..

Sayangnya, biasanya akan ada sesuatu yang buruk menanti setelahnya..

Nah, agar anda tidak menjadi pemegang saham minoritas yang bisa dengan mudah dijadikan sapi perah oleh pemegang saham pengendali Yang berkarakter buruk, maka anda harus paham bahwa tidak semua laba bersih itu berasal dari cara yang sama ..

Secara sederhana, Ada 2 jenis laba bersih :

Pertama : Laba Bersih Operasional

Laba Bersih operasional ini berasal dari kegiatan operasional bisnis Perusahaan.
Contoh 1 : Perusahaan properti perumahan mendapat laba bersih dari jualan rumah. Jadi, sebuah Perusahaan properti yang kegiatan bisnisnya adalah menjual rumah, maka laba bersihnya berasal dari hasil laba penjualan rumah..
Contoh 2 : Perusahaan snack, mendapat laba bersih dari berjualan snack..

Kedua : Laba Bersih Non Operasional

Laba Bersih operasional ini BUKAN berasal dari kegiatan operasional bisnis Perusahaan. Ada berbagai macam tehnik dalam menciptakan laba bersih non operasional, yang tidak mungkin dibahas satu persatu. Namun, beberapa cara menciptakan laba bersih non operasional yang biasa dipakai di Bursa Efek indonesia antara lain:
– penjualan anak perusahaan, Contoh : Perusahaan properti, mencatatkan laba Karena menjual anak usaha, seperti LPCK menjual saham MSU
– penjualan aset, Contoh : Perusahaan snack, mencatatkan laba bersih Karena menjual aset Di bidang perkebunan kelapa sawit
– laba karena nilai mata uang, Contoh : Perusahaan sawit, mencatatkan laba bersih Karena keuntungan kurs Mata uang

Bila Perusahaan yang anda miliki sahamnya mencatatkan laba bersih Non operasional yang berjumlah besar, apalagi ketika dari sisi operasional bisnis Perusahaan itu mencatatkan kerugian, maka itu sebuah pertanda buruk..

Pertanda buruk dari Tuhan, bahwa emiten itu bukan Perusahaan yang tepat buat anda pegang sahamnya…

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply