META, Ada Apa Denganmu?

Sebenarnya, Siapa Pemilik pengendali PT Nusantara Infrastructure Tbk (META)?

PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) saat ini sedang banyak menjadi perbicangan hangat di beberapa Forum Investor Saham. Harganya yg anjlok lebih dari 50% membuat Kami penasaran..

META, ada apa denganmu?*

Banyak komentar di beberapa forum Investor, yang merasa bahwa “harga META sekarang sudah murah dan layak beli. Toh, dibelakang META ada JK & PS, pasti ga akan turun ke rp.50/saham”

Karena penasaran, maka kami teliti semua hal tentang META sejak awal berdirinya, ternyata begini kenyataannya..

Banyak yang mengira bahwa Pemilik META adalah JK –Owner Kalla Grup & Wapres RI- dan PS –owner Rajawali Corpora-, sehingga banyak pihak yang percaya diri untuk membeli saham META..

Faktanya…

Nusantara Infrastructure Tbk (META) didirikan 01 September 1995 dengan nama PT Sawitia Bersama Darma. Sejak berdiri, META sudah beberapa kali melakukan perubahan nama, antara lain PT Wahana Tradindo Jaya, pada tahun 1998. Kemudian Menjadi PT Metamedia Technologies Tbk, pada tahun 2001. Dan ketika META akan di ‘akuisisi’ Bosowa grup, maka namanya pada tahun 2006 diubah menjadi PT Nusantara Infrastructure Tbk,

Sejak tahun 2003, kinerja keuangan META memburuk. Akibatnya, META tidak dapat melunasi pembelian surat utang yang dibelinya dari town hall limited.

Melihat kondisi META yang hampir bangkrut, Grup Bosowa yang dikendalikan Aksa Mahmud melakukan backdoor listing di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Hal itu terjadi setelah perusahaan miliknya, yakni PT Nusantara Konstruksi Indonesia melakukan merger dengan PT Nusantara Infrastructure Tbk (NI) yang dulunya bernama PT Metamedia Technologies Tbk (META). PT Nusantara Konstruksi Indonesia merupakan induk usaha dari pengelola jalan tol yakni PT Bosowa Marga Nusantara dan PT Bintaro Serpong Damai (BSD).

Pendiri Bosowa,  Aksa Mahmud, walau menikah dengan Ramlah Kalla, adik perempuan Jusuf Kalla, menganggap Kalla Group adalah saingan mereka. Hal ini terang-terangan diakuinya saat Pesta peringatan 40 tahun berdirinya Bosowa Group di tahun 2013 silam. Ternyata, ketika awal memulai Bosowa, Aksa Mahmud sama sekali tidak mendapat saham atau bantuan keuangan dari keluarga Kalla. Malahan, Aksa Mahmud mendapatkan modal memulai Bosowa lewat pinjamannya di Bank BNI. Saat Ini, Bosowa Grup dimiliki 100% oleh Aksa Mahmud dan anak-anaknya..

Jadi, menyebut JK sebagai pemilih Bosowa grup layaknya seperti menyebut Cristiano Ronaldo adalah pemain Barcelona, hanya karena ia bermain di La Liga. Dan Jelas, hanya akan membuat Aksa Mahmud tertawa..

Catatan menariknya, walaupun pernah menguasai 80% saham META di tahun 2006, PT Bosowa Corporindo sudah melepas kepemilikan atas META ke rajawali Corpora di tahun 2010. Saat ini Bosowa hanya memiliki saham META dengan jumlah dibawah 5%, karena terus menerus menjual sahamnya ketika harga saham META menginjak rp.250-an/ lembar saham..

Sedangkan PS, sepak terjangnya bisa anda lihat dengan membaca analisis kami saat IPO TAXI atau membaca analisis tentang akuisisi BWPT yang bikin gempar..

PS menguasai META melalui kedua anak perusahaan Rajawali Corpora, yakni eagle Infrastructure Fund Limited dan PT Hijau Makmur Sejahtera yang secara total per 31 desember 2014 mempunyai  gabungan saham sebesar 43,32% dari total saham META..

Menurut Managing Director Rajawali Corpora Darjoto Setyawan pada tgl 12 juni 2015, Rajawali Corpora memang berniat melepas kepemilikan di META, karena dirasa bukan merupakan inti bisnis Rajawali Corpora. Sebab inilah yang mungkin membuat META terus menerus turun harganya..

Masih bernafsu membeli saham META?

 

@dr_BramIrfanda

Analisis Keuangan META sudah kami posting, silakan baca disini => META, Ada Apa Denganmu? (2)

  • analisis saham Fundamental META, yang berjudul “META, Ada Apa Denganmu”, akan kami jadikan 4 atau 5 seri, jadi DAFTARKAN EMAIL ANDA UNTUK MENDAPAT KIRIMAN ANALISIS META BERIKUTNYA.. MAU?

 

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply