Kondisi Keuangan Taksi Blue Bird Pasca IPO, Baguskah? (3/5) | BIA #38

PT Blue Bird Tbk, BIRD , baru saja melakukan IPO di harga rp.6500. Bagaimana Analisa Keuangan Blue BIRD? Apakah Harga saham Blue BIRD Pasca IPO menarik? 

Analisa Keuangan

OCF Blue Bird selama 6 bulan pertama di 2014 tercatat positif sebesar rp.629 Milyar, Hal ini menunjukkan kemampuan Blue BIRD menghasilkan cash yang besar..

Dari sisi asset, asset total Blue Bird per akhir kuartal dua 2014, sebesar rp. 5.494 Milyar..

Dari akun asset Lancar per akhir kuartal dua 2014, kas dan setara kas yang dimiliki Blue BIRD sebesar rp.349 Milyar. Sedangkan Piutang total Blue BIRD sebesar rp. 298 Milyar dengan ketertagihan lebih dari 99% dan penghapusan piutang tak tertagih yang tergolong sangat kecil, hanya rp.6 juta. Total aset lancar yang dimiliki Blue BIRD sebesar rp.642 M..

Di waktu yang sama, Total asset tak lancar Blue BIRD sebesar rp.4.852 dengan asset tetap sebesar rp.4,766. Aset tetap yang besar itu telah dikurangi penyusutan asset tetap tahunan sebesar rp.1,98 Trilyun..

Dari akun Liabilitas, Total Liabilitas jangka pendek Blue BIRD sebesar rp.1.669 T, dengan hutang bank jangka pendek sebesar rp.1.150.000. Sedangkan Total Liabilitas Jangka panjang Blue Bird sebesar rp.2.333, dengan posisi hutang berbunga jangka panjang sebesar rp.1.861 M..

Akibatnya, Total Liabilitas Blue BIRD sebelum IPO sebesar rp. 4.072 Milyar, dengan Total ekuitas sebesar rp. 1.608 dan saldo laba sebesar rp.1.083

Dari data-data ini, bisa kita dapatkan angka current Ratio Blue BIRD sebelum IPO sebesar 0,38, yang mana sekilas tampak memperihatinkan, namun bila melihat jenis bisnisnya tergolong Cashflow harian dan secara bisnis tergolong baik, maka Current ratio Bue Bird masih dapat diterima..

Namun, mengingat IPO Blue BIRD kemarin sukses menghasilkan penambahan ekuitas sebesar rp.2,45 triyun dan menurut rencana terakhir Blue Bird akan mengalokasikan dana IPO sebesar 53,04% atau sekitar Rp 1,3 triliun untuk melunasi utang dan 1,15 T berupa Cash yang masih belum digunakan sebagai modal kerja, maka Saat ini Current Ratio Blue Bird yng sekitar 3 tergolong sangat baik..

DER sebelum IPO tercatat 2,53 , namun DER setelah IPO –bila rencana penggunaan dana IPO benar-benar dijalankan- menjadi 0,66 yang tergolong baik

Dari data diatas, kita dapatkan bahwa sebelum IPO, Blue Bird mempunyai kondisi keuangan yang belum begitu baik sama seperti emiten transportasi darat lainnya. Namun dengan diraihnya dana IPO yang cukup besar, saat ini kondisi keuangan BLUE BIRD -baik dilihat dari sisi likuiditas maupun solvabilitas- sudah memuaskan..

PT Blue Bird Tbk, (BIRD), akhir 2014 :

Rating Keuangan : A

 

@dr_BramIrfanda

Agar makin MEMUDAHKAN ANDA MENGHASILKAN KEUNTUNGAN, Kami menyarankan Anda membaca SEMUA ARTIKEL TERKAIT dibawah ini, agar Anda mendapatkan kedalaman materi dan gambaran keseluruhan yang berhubungan dengan artikel diatas

Tagged: , , , ,

Leave a Reply