Apakah Investasi Saham Cocok Untuk Anda? – BIA #99

Bila anda tergabung dalam satu atau lebih group saham, maka anda pasti akan menjumpai banyak orang yang mempunyai kisah seperti ini :

“Saham apa ya yang bisa buat saya invest? karena 1 tahun lagi saya akan nikah… pingin nambah modal nikah nih..”

“Mohon bantuan para suhu di group ini, saham apa yang harus saya masuki, 2 tahun lagi anak saya mau kuliah nih..”

“Saya rencana 3 tahun lagi mau bikin rumah idaman saya dan keluarga, tapi modalnya belum cukup,, mohon bimbingannya para senior saham semua..”

Sound familiar?

Inilah sebabnya, sangat penting untuk terlebih dahulu mengenali Sifat dasar investasi saham, sehingga ketika anda masuk ke dunia saham, pengalaman yang menakjubkan yang anda dapatkan,,

bukan pengalaman menakutkan, apalagi jadi kekurangan..

Sifat Investasi saham pertama : Dalam Jangka waktu dibawah 5 tahun, saham bisa naik atau turun..

Maksudnya, pasar saham itu dalam jangka pendek cenderung berfluktuatif, sehingga investasi saham dalam tempo dibawah 5 tahun, malah bisa membuat modal atau uang anda menurun jumlahnya..

Mari kita lihat grafik jangka panjang IDX (Bursa Efek Indonesia) berikut ini :

kinerja bei idx tahun 1998-2019

kinerja bei / idx tahun 1998-2019

Dari Grafik diatas bisa kita lihat kalo IDX / BEI, mempunyai kinerja yang naik turun, walaupun dalam jangka panjang arahnya naik ke atas..

Berdasarkan grafik indeks IDX diatas, Secara rata-rata setiap 2-3 tahun ada penurunan Bursa saham sebesar 10-20%. Penurunan sebesar 10-20% ini tentu cukup signifikan untuk mereka yang modalnya akan dipakai untuk suatu keperluan..

Untungnya, dalam jangka panjang, kinerja IDX sangat bagus, dimana bila kita tarik dari posisi terbawah di 2008, maka pertumbuhan indeks IDX sudah 5 kali lipat alias fivebagger!

Padahal, pada tahun 2011 ada penurunan 10%, tahun 2013 ada penurunan 18%, di 2015 ada penurunan lebih dari 20%, tahun 2018 ada penurunan lebih dari 13%..

Karena itu, adalah penting untuk hanya menempatkan UANG DINGIN anda di saham..

Uang Dingin adalah uang atau modal yang anda tidak anda butuhkan atau pakai dalam waktu minimal 5 tahun..

Contoh penerapan kasusnya adalah seperti ini :

  • Seorang ayah, sebut saja bapak A, dalam 6 tahun lagi harus membiayai kuliah anaknya, yang ia taksir membutuhkan biaya rp500 juta. Saat ini, ditabungannya yang khusus untuk kuliah anak sudah ada uang sebesar rp.300 Juta. Nah Bapak A ini cocok untuk berinvestasi saham untuk kuliah anaknya, karena dana kuliahnya masih dibutuhkan 6 tahun lagi..
  • Seorang ibu, sebut saja ibu S, memiliki 2 anak, 1 anak kelas 1 SMP dan 1 anak di kelas 5 SD. Untuk biaya keduanya kuliah, Ibu S memiliki tabungan rp250 Juta dengan taksiran kebutuhan dana kuliah kedua anaknya rp500 juta rupiah. Ibu S ini cocok bila berinvestasi di pasar saham karena dana kuliah dibutuhkan 5 tahun lagi
  • Seorang pekerja muda berumur 26 tahun, sebut saja kakak D, berencana menikah 10 bulan lagi, dengan kebutuhan dana rp100 juta. Saat ini tabungannya yang direncanakan untuk menikah sudah terkumpul rp79 juta. Dengan mepetnya rencana pernikahannya, maka Kak D tidak cocok untuk berinvestasi di bursa saham
  • Seorang janda yang ditinggal meninggal suaminya, sebut saja ibu F, mempunyai anak kelas 1 SMA. Suaminya meninggalkan warisan sebesar rp500 Juta, sedangkan kebutuhan dana kuliah anaknya kelak ditaksir rp500 Juta. Dengan waktu tersisa hanya 2 tahun, adalah terlalu beresiko bagi Ibu F untuk menginvestasikan dananya di bursa saham..

Jadi kesimpulannya, hanya berinvestasi di pasar saham, dengan menggunakan uang Dingin,,

Uang yang tidak anda gunakan atau butuhkan dalam waktu 5 tahun atau lebih

@dr.BramIrfanda

Untuk menerima update GRATIS The Bram Irfanda Analysis, mohon klik subscribe atau mohon masukkan email anda ke form email dibawah ini

The Bram Irfanda Analysis sekarang ada di Youtube, Podcast, Twitter, Facebook dan Telegram untuk berlangganan silakan klik di link masing-masing Social media diatas

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Leave a Reply