Analisis Saham Fundamental ABBA Mahaka Media

Suka dengerin Gen FM, Prambors, Delta Fm, atau Female Radio? Beberapa Radio terkenal ini dimiliki oleh Mahaka Media atau ABBA..

Selain beberapa Radio terkenal ini, Mahaka Media (ABBA) juga memiliki Harian Republika dan Jak Tv serta beberapa anak usaha lainnya..

Tampak mengesankan bukan?

Namun, apakah beberapa nama besar ini cukup berarti untuk membuat Fundamental ABBA menjadi baik bahkan layak disebut hebat?

Sayangnya, (sampai saat ini) Tidak..

Tepat 11 tahun sejak IPO di tahun 2003, Mahaka Media (ABBA) masih saja menjadi perusahaan media Biasa..

Bagaimana tidak, Laba bersih berkubang dibawah Rp.5 Milyar sejak tahun 2009-2012, dan baru naik menjadi rp.15 Milyar di tahun 2013..

Anak Usaha ABBA yang terbesar karena menyumbang sekitar 40% dari Pendapatan Total 2013, yakni Harian Republika, malah menyumbang Rugi bersih Rp. 8,7 Milyar..

Kedepan, Agaknya Harian Republika masih akan terus mencetak kerugian seperti beberapa tahun ke belakang. Mengingat, Harian Republika Menghadapi berbagai kondisi sulit yang turut menerpa bisnis media cetak lainnya..

Untungnya, Kinerja Harian Republika yang (makin) memburuk di 2013, ditolong oleh divisi Penyiaran dan Media Luar Ruangan yang mencetak kenaikan laba bersih yang signifikan..

Melihat trend bisnis media yang terus berubah, dimana bisnis media cetak menghadapi tantangan hebat dari sisi biaya maupun dari persaingan baik dari media Tv serta internet, agaknya pilihan untuk mendivestasi Harian republika layak menjadi pilihan..

Bila tidak segera ‘dibereskan’, Kerugian yang diderita Harian Republika bisa menyeret lebih jauh kinerja keuangan ABBA kedepannya..

Dengan mendivestasi Harian republika, anggota Tim Harian Republika yang berprestasi bisa dialihkan ke Republika Online atau divisi Broadcasting, yang mana membawa beban Tetap lebih kecil daripada Harian Republika dan menawarkan keuntungan lebih besar..

Selain itu, mengingat trend membaca berita dari Koran dan majalah yang semakin menurun, agaknya ABBA harus mulai memfokuskan diri untuk masuk di bisnis media online, broadcasting dan outdoor media..

Dari sisi Keuangan, Mahaka Media (ABBA) juga mencatat hal yang biasa..

Laba bersih ABBA 2013 hanya berjumlah Rp.15 Milyar, dengan Operating Cashflow sebesar rp.19 Milyar..

Yang perlu kita garis bawahi, angka laba bersih yang berjumlah rp.15 Milyar, baru bisa dicatatkan di tahun 2013 saja. Sedangkan bila dirata-rata, ABBA hanya mencatat laba bersih rp.5 Milyar per tahun di 5 tahun terakhir..

Selain laba bersih yang kecil, DER ABBA 2013 yang sebesar 2 kali Ditambah Rasio Lancar ABBA 2012 yang hanya sebesar 0,88 bukanlah merupakan angka yang menggembirakan..

Dari sisi Manajemen, Kami melihat direksi tidak secara terbuka mengungkap kesulitan yang mereka hadapi dalam bisnis media cetak, yang mana merupakan hal yang penting karena menunjukkan perhatian mereka pada masalah utama yang mereka punya..

Sejak IPO, Manajemen ABBA juga berulang kali melakukan Right Issue (tepatnya 4 kali Right Issue setelah IPO), yang mana hal ini tentu sangat merugikan pemegang saham minoritas karena efek dilusinya..

Selain itu, harga saham ABBA yang ‘tidak kemana-mana’, malah cenderung turun menunjukan kurang mampunya manajemen mengalokasikan Capex dengan baik, mengingat harga saham ABBA saat IPO di 2003 yang sebesar rp.105, jauh lebih tinggi daripada harga saham ABBA saat ini yang sebesar rp.71..

Dari sisi Valuasi, harga saham ABBA pada 15 Agustus 2014 yang sebesar rp.71 juga sangat kelewat mahal dengan PER (memakai laba bersih rata-rata 5 tahun terakhir ) sebesar 39 Kali..

Harga saham yang Overvalue ini, ditambah lagi kenyataan bahwa saham ABBA bukanlah termasuk saham yang Liquid alias tidak mudah dijual, makin membuat saham ABBA bukanlah saham yang kami rekomendasikan..

Kapitalisasi Pasar ABBA pertanggal 15 agustus 2014 yang sebesar rp.195 Milyar, menurut kami sangat Overvalued. Mengingat, Menurut kami harga yang pantas untuk ABBA adalah berkisar Rp.70-100 Milyar..

 

Rating Mahaka Media / ABBA FY 2013 :

Kinerja Bisnis                : B
Kinerja Keuangan          : D
Kinerja Manajemen       : D
Harga (per15/8/2014)   : D

@dr_BramIrfanda

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

@AnalisisSaham

*mohon maaf bila beberapa bulan terakhir, karena kesibukan di bisnis sendiri, saya tidak sempat membuat analisis saham. Mulai saat ini, kami usahakan untuk membuat analisis saham setiap hari senin, seperti jadwal yang semula saya buat.. 🙂

Tagged: , , , , , , , , ,

Leave a Reply