Analisis Keuangan BakrieLand ELTY : Layak Pailit? | BIA #15

Bank of New York menggugat pailit PT BakrieLand Development Tbk (ELTY) , bagaimana analisis Keuangan, Likuiditas & Solvabilitas ELTY? Layakkah ELTY Pailit?

Gugatan pailit dari Bank of New York cabang London kepada ELTY, diawali oleh Equity Linked Bonds senilai US$155 juta dolar yang diterbitkan BLD Investment Pte Ltd. Obligasi BLD Investment Pte Ltd itu diterbitkan dengan suku bunga 8,625% per tahun dengan jaminan penuh oleh PT Bakrie Development Tbk (ELTY). Obligasi itu sendiri sebenarnya baru jatuh tempo pada 2015, namun pemegang Obligasi meminta obligasi itu meminta ELTY melunasinya lebih awal yakni pada 23 Maret 2013. Sayangnya, ELTY tidak mampu melunasinya hingga tanggal yang diminta, karena itu timbullah gugatan ini..

Pertanyaannya, apakah ELTY layak Pailit?

Menurut Laporan Tahunan ELTY tahun 2012, Aset Lancar ELTY pada akhir 2012 lalu berada di posisi Rp.3,8 Trilyun. Sedangkan Kewajiban (Liabilitas) Lancar pada saat yang sama sebesar rp.4,4 Trilyun, artinya rasio lancar ELTY sebesar 0,86, yang menunjukkan Rasio lancar dan Likuiditas ELTY kurang baik..

Satu hal Yang agak unik di Neraca ELTY akhir 2012 adalah adanya akun Investasi jangka Pendek yang berjumlah Rp.24 Milyar. Hal ini aneh mengingat ELTY adalah perusahaan Properti dan bukan perusahaan Investasi. Lantas untuk apa memiliki investasi di pihak lain yang bukan Kompetensi utama ELTY yakni di bidang properti? Pertanyaan ini akan makin aneh bila kita melihat akun Investasi Jangka Pendek ini pernah berada di posisi Rp.775 Milyar di akhir 2010..

Piutang Usaha ELTY akhir 2012 juga sangat besar, dengan total Rp.1 Trilyun. Yang patut kita perhatikan adalah adanya amortisasi -penghapusan piutang- sebesar rp.107 Milyar hanya untuk tahun 2012 saja. Selain itu, angka Piutang Lain-lain juga sangat besar hingga berjumlah Rp.268 Milyar yang sebagian besar berupa pinjaman atas perpindahan kepemilikan anak usaha ELTY..

Dari berbagai Akun Lancar ini, menurut kami hanya Kas, Investasi jangka Pendek, Persediaan dan Piutang Usaha saja yang merupakan akun aset yang benar-benar lancar. Keseluruhan aset yang benar-benar likuid tadi hanya bernilai Rp.2,92 Trilyun. Namun, Persediaan ELTY yang sebesar Rp.1,6 Trilyun menurut kami tidaklah patut dijadikan sandaran di saat digugat pailit karena sebagian besar persediaan itu telah dijaminkan ke Bank untuk hutang bank anak usaha perseroan..

Dari Akun Aset Tetap ELTY, ada akun unik bernama Dana Dalam Pembatasan yang berupa deposito sebagai sebagai jaminan atas hutang anak usaha ELTY kepada Bank-bank tersebut. Jumlah Dana ini Rp.309 Milyar..

Selain itu, ada juga akun Piutang Pihak berelasi yakni Bakrie Toll Road, anak Usaha ELTY yang sudah dijual. Uniknya piutang kepada BTR ini langsung diamortisasi -dihapus bukukan- sebesar Rp. 515 Milyar, sehingga hanya bersisa Rp.64 Milyar..

Jumlah Aset Likuid yang terbatas seperti yang telah kami jelaskan di atas, harus menutupi hutang bank dan obligasi jangka Pendek yang besarnya Rp.2,55 Trilyun -ditambah biaya bunga Rp.160an Milyar- dengan total Kewajiban (Liabilitas) Lancar pada saat yang sama sebesar rp.4,4 Trilyun..

Tentu, Bila dihitung secara matematis, ELTY layak dipailitkan..

Namun, melihat sepak terjang Pemegang Sahamnya yang pandai melakukan Restrukturisasi Hutang dengan Hutang baru dan masih memungkinkannya perseroan untuk menjual berbagai aset tidak lancarnya -yang saat ini tengah gencar dilakukan ELTY-, agaknya ELTY kembali selamat dari tuntutan Pailit dari Bank of New York..

Namun, mengingat kondisi keuangan yang sangat rapuh, akan lebih aman bagi Investor untuk menjauhi Saham ELTY..

Rating Keuangan ELTY 2012 : E

 

@AnalisisSaham

^ utk update artikel analisa saham melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Tagged: , , ,

Leave a Reply