Analisa Kualitas Manajemen PPRE (PP Presisi), Hebatkah? | BIA #86

Harga saham PT PP Presisi Tbk., PPRE, sudah menurun 17% dari harga IPO. Apakah saham PPRE Sudah Murah? apakah manajemen PPRE berkualitas?

mari kita bedah..

Dalam Hal pengembangan Bisnis, bisa kita bilang kalo manajemen PT PP Presisi Tbk., PPRE tergolong baik..

Rencana-rencana transformasi dieksekusi dengan baik, sehingga pendapatan PPRE selama periode 2014-2017 mencatatkan CAGR sebesar 115% pertahun dan sukses pula melakukan IPO pada tahun 2017..

Dalam Masa Transformasi itu pula, PPRE tumbuh dengan tetap memperhatikan kondisi keuangannya sehingga saat ini secara umum kondisi keuangan PPRE tergolong baik, dengan likuiditas dan solvabilitas yang terjaga..

Ditengah eksekusi transformasi bisnis yang menurut saya baik, menyeruak sebuah pertanyaan di hati saya tentang kehati-hatian dan kebijaksanaan manajemen PPRE dalam menumbuhkan bisnis..

Apakah manajemen PPRE cukup Prudent?

Menurut saya masih perlu waktu beberapa tahun lagi, untuk bisa menilai dengan baik apakah manajemen PPRE sudah prudent atau memang kurang..

Namun, proses akuisisi LMA yang meninggalkan goodwill sedemikian besar, target transformasi bisnis fase II yang ditargetkan menelurkan CAGR pendapatan PPRE periode tahun 2018-2022 hingga sebesar 50% per tahun, dan rencana mengembangkan neraca dengan memupuk hutang rp.6-9 Trilyun lagi, bisa menjadi insyarat bahwa manajemen PPRE kurang Prudent dalam mengambil kebijakan..

Selain itu, pandangan tentang manajemen PPRE dari sisi integritas juga masih tertutup kabut tebal. Waktu satu tahun, tentu saja belum bisa mendeskripsikan seperti apa manajemen PPRE bila mendapat pilihan berat, seperti dengan jujur menjelaskan bahwa kondisi keuangannya buruk, Arus kasnya lebam atau labanya yang menukik tajam..

Manajemen PPRE belum menemui beberapa keadaan tiarap seperti itu..

Karena Baru IPO setahun yang lalu, Saat ini laba bersih PPRE masih tumbuh, Posisi Kas masih baik, keadaan Keuangan masih sehat, sehingga Ujiannya belum ada…

Tapi nanti, saat roda sudah berputar, dan PPRE mendapat giliran berada di Roda terbawah, apakah manajemen PPRE akan bertindak seperti manajemen emiten konstruksi lain yang menggelembungkan laba dan memakai make up yang tebal untuk menyamarkan kenyataan?

Jawaban dari pertanyaan di atas, yang akan menunjukkan wujud asli dari manajemen PPRE..

Sisi Integritas manajemen PPRE, juga harus kita nilai dari bagaimana Manajemen PPRE memperlakukan pemegang saham Minoritas.

Apakah menajemen PPRE jujur tentang apa saja kepada induk dan pemerintah, namun kepada pemegang saham minoritas malah melaporkan yang tidak merupakan kenyataan?

Karena manajemen PPRE adalah manusia juga seperti kita, yang tindakan dan sikapnya dipengaruhi oleh logika dan perasaan..

Dan Dalam suatu group bisnis, pastilah ada persiangan diantara para direktur, para manager dll yang bisa membuat manajemen melakukan sesuatu karena sebab diluar logika bisnis seperti, agar dipuji atasan, agar dianggap hebat oleh koleganya, agar dipromosikan, agar tidak diserang saat RUPS dll..

untuk menilai Semua ini, perlu waktu..

PT PP Presisi Tbk., PPRE, FY 2017 & Q2 2018

Rating kualitas manajemen : N/A

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply