ACST Tumbuh Tinggi, Menarikkah?

Di tengah melambannya Sektor Konstruksi terutama pasar konstruksi swasta, PT Acset Indonusa Tbk , ACST, tumbuh tinggi melibas semua kompetitornya. Menarikkah? Apakah Kita bisa masuk ACST sekarang?

PT Acset Indonusa Tbk. didirikan oleh Tan Tiam Seng Ronnie dan Hilarius Arwandhi -keduanya saat ini masih menjadi direktur dan pemegang saham ACST- pada tahun 1995. Pada awalnya, ACST berfokus sebagai perusahaan yang memiliki spesialisasi pada bidang pengerjaan fondasi. Dalam perjalanannya mengarungi samudera bisnis, ACST berhasil selamat dari krisis Moneter 1998 dan terus bertumbuh semakin besar dengan berjalannya waktu. Kemudian, pada tahun 2013, ACST sukses mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia dan Pada tahun 2015, ACST diakuisisi oleh Grup Astra lewat PT Karya Supra Perkasa, entitas anak dari PT United Tractors Tbk. , UNTR…

Seperti yang kita tau, Grup Astra adalah Grup bisnis kelas wahid di Indonesia yang tumbuh sejak 1957, dan telah banyak menguasai bisnis di berbagai macam sektor. Tangan dingin Manajemen Astra itu sekarang bisa kita rasakan di ACST..

Ditengah perlambatan Pendapatan yang menimpa perusahaan lain di sektor Konstruksi swasta, kinerja ACST malah meledak..

Pendapatan ACST selama tahun 2017 tumbuh 65%, dengan laba bersih yang membengkak 126%..

Dari tiga segmen usaha utama ACST, yakni Jasa Konstruksi, Penunjang Jasa Konstruksi, dan Perdagangan alat penunjang Konstruksi, pendapatan semua segmennya naik dengan tingkat pertumbuhan sebesar 65%,167%, dan 259%. angka pertumbuhan ACST ini jauh melebihi data Badan Pusat Statistik (BPS), dimana PDB sektor konstruksi telah mencatatkan pertumbuhan yang positif hingga mencapai 6,79% dari tahun sebelumnya

laba usaha segmen acst

Yang paling menarik adalah masuknya ACST ke bidang infrastruktur. Hal ini makin menunjukkan kecenderungan Astra untuk menancapkan kukunya di infrastruktur..

Namun, ledakan pertumbuhan ini tentu saja menimbulkan celah..

Sebelum diakuisisi Astra, ACST hanyalah perusahaan konstruksi -yang relatif- kecil, maka wajarlah dibutuhkan penambahan banyak modal untuk memenuhi ambisi Astra yang besar. Astra kemudian menambah modal via Right Issue sebesar Rp.600 Milyar di tahun 2016. Namun tentu saja, melakukan Right Issue hanya rp 600 milyar tidaklah cukup untuk membiayai proyeknya yang tumbuh 60an %. Untuk itu, maka ACST melakukan penambahan Hutang yang membuat kondisi keuangan ACST saat ini bisa dibilang mulai timpang..

Pada Akhir 2017, rasio lancar menurun menjadi 127,26% dari tahun 2016 sebesar 179,55%. Sedangkan, jumlah pinjaman terhadap jumlah ekuitas meningkat menjadi 130,26% dari 24,02%

acst debt equity ratio hutang dibanding ekuitas

Data DER ACST 2013 – 2017 (paling kiri)

Akibat dari membengkaknya proyek infrastruktur ACST, mulai terasa di Arus Kas Bersih untuk Aktivitas Operasi yang minus rp.1,128 Trilyun, meningkat hampir 600% dari minus rp.158 Milyar di 2016..

Apakah kondisi keuangan ACST sudah dalam taraf yang berbahaya?

Bila dikatakan berbahaya dan berpotensi bangkrut, tentu tidak karena dibelakang ACST ada grup astra yang modalnya kelas Paus..

Namun, dengan pertumbuhan semasive itu, ditambah masuknya ACST ke sektor infrastruktur yang cashflow-nya seret, maka cadangan Kas ACST bisa tersedot ke proyek-proyeknya dan akibatnya mengeringkan likuiditas ACST..

Apalagi bila kita lihat, Persentase ROE dan profit margin ACST tergolong rendah dimana ROE lima tahun terakhir selalu dibawah 10% kecuali tahun 2017 dan profit margin selalu dibawah 5%..

acset roe

 

Data ROE ACST 2013-2017 (paling kiri)

Bila keadaan ini terus berlanjut, maka ada kemungkinan ACST membutuhkan suntikan dana untuk mengobati Luka di Likuiditasnya..

Artinya : Right Issue lagi,,,

Oh My…

 

PT Acset Indonusa Tbk , ACST, FY 2017

Rating kinerja Bisnis              : A

Rating Kualitas Manajemen : B

Rating Kondisi Keuangan      : C

 

 

@dr_BramIrfanda

utk update artikel melalui Telegram, silakan Join Irfanda Capital on telegram

Setiap minggu, kami akan menulis analisis saham fundamental emiten BEI dan akan mempostingnya di blog ini. Untuk MENDAPAT KIRIMAN EMAIL GRATIS UPDATE ARTIKEL TERBARU irfanda.id , silakan masukkan email anda ke form dibawah ini

Subscribe to Blog via Email

GRATIS! utk berlangganan gratis, Masukkan email anda di form dibawah ini, lalu klik link konfirmasi berlangganan yang kami kirim ke email anda

Tagged: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply